Sering Boros Belanja Bulanan? Ternyata Baiknya Kita Belanja Sendirian!

By None, Selasa, 21 Juli 2020 | 15:10 WIB
Struk belanja (netz.id)

CewekBanget.ID - Belanja bulanan adalah sebuah rutinitas yang biasa kita lakukan ya, girls.

Baik kita yang belanja bulanan buat kebutuhan di kost, atau rumah orang tua kita pasti kadang suka heran kenapa boros ketika lagi belanja.

Padahal nih sebelum belanja bulanan, dari rumah sudah mateng banget niat untuk enggak belanja lebih dari nominal tertentu.

Baca Juga: Twitter Bill Gates Hingga Barack Obama Di-hack, FBI Turun Tangan!

Tapi kenyataannya pas sampai supermarket dan sudah kelar belanja bulanan, kita harus mengeluarkan uang lebih dari perkiraan.

Duh, kadang ini yang bikin bingung dan sekaligus kesal sih ya, he-he.

Tapi sebenarnya kita bisa kok coba cegah untuk enggak boros saat belanja bulanan nih, girls.

Yuk ikutin beberapa tips yang Kompas lansir dari AsiaOne ini!

1. Pergi sendiri Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang pergi berbelanja sendiri cenderung membeli barang 65 persen lebih sedikit, daripada jika pergi bersama keluarga atau teman.

Kelompok konsumen dari Australia menemukan bahwa pasangan yang belanja bersama bisa berakhir dengan membeli lebih banyak barang, karena setiap orang punya pandangan berbeda tentang apa yang penting untuk dibeli.2. Mendengarkan musik tenang Berbelanja sendirian mungkin terasa sepi, nah cobalah sambil mendengarkan lagu menenangkan menggunakan headphone.

Psikolog konsumen dan pengajar senior di Deakin University, Paul Harrisons menjelaskan, mendengarkan musik menenangkan ketika belanja bisa membantu kita membuat keputusan yang lebih baik, daripada belanja dengan penuh terburu-buru atau terstimulasi.

3. Makan sebelum berbelanja Menurut penelitian oleh Alison Jing Xu dari University of Minnesota, secara insting kita tidak akan bisa berbelanja bijak ketika lapar.