Film Paras Cantik: Ketika Inner Beauty Melengkapi Kecantikan Fisik

By Fathia Yasmine, Rabu, 9 September 2020 | 09:00 WIB
Kecantikan alami para wanita Indonesia yang diabadikan oleh Tompi (Dok. Djarum Foundation)

CewekBanget.ID - Keelokan penampilan fisik akan langsung terbayang di benak kamu ketika mendengar kata cantik. Padahal, cantik tidak hanya persoalan fisik lho.

Pernahkah kamu mendengar pepatah anonim dalam bahasa Inggris, beauty is not just skin deep? Nah, Pepatah tersebut ada benarnya.

Kecantikan perempuan yang sesungguhnya justru dapat terpancar melalui kepribadian menarik serta tutur kata yang baik, atau biasa disebut dengan kecantikan batin (inner beauty).

Konsep inilah yang ingin disapaikan Tompi melalui perjalanannya menjelajahi pulau-pulau di Nusantara. Tompi membuktikan jika perempuan Indonesia memiliki cerminan cantik tersendiri. Bukan sekadar keelokan paras, tetapi juga kekuatan, determinasi, dan kelembutan hati.

 Baca Juga: Orang yang Lahir di 3 Bulan Ini Ternyata Dikenal Jenius & Cerdas!

Penyanyi sekaligus dokter yang kini juga mendalami seni fotografi tersebut menjelajah Pulau Jawa hingga Pulau Kalimantan. Tujuannya untuk menemui perempuan-perempuan tangguh dan inspiratif. Kisah mereka dikemas menjadi serial digital berjudul Paras Cantik Indonesia.

Ia bertemu dengan Sekar Sari dalam perjalanannya di Jawa Tengah. Sekar adalah seniman tari asal Yogyakarta yang juga mendalami dunia seni peran.

Sekar tidak membantah jika dirinya merupakan perempuan yang terlahir dari keluarga Jawa. Justru, budaya Jawa tetap ia rangkul sebagai bagian dari jati dirinya.

Meski begitu, ia menolak adanya stigma budaya Jawa yang menyebut perempuan harus penurut, terutama dalam hal nasib atau keputusan yang dibuat tanpa persetujuannya.  Melalui seni tari ia mengemukakan pandangan dan pendapatnya.

 Baca Juga: Kurang Minum Air Putih Bisa Jadi Penyebab Jerawat. Ini Penjelasannya!

“Ketika kita bikin suatu karya, tidak melulu harus dari apa yang di luar diri kita tetapi juga perjalanan hidup kita. Ini yang berusaha saya tampilkan,” ujar Sekar.

Berperan ganda sebagai ibu dan perempuan yang berkarya, tak membuat Sekar patah semangat. Sejumlah prestasi di bidang seni sukses dihasilkan sebagai bukti kemandiriannya.