Satgas COVID-19 Siapkan Masker 5 Lapis untuk Masyarakat Hadapi Corona!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 10 September 2020 | 21:10 WIB
Masker kain (thewirecutter.com)

CewekBanget.ID - Angka kasus positif COVID-19 yang terus meningkat tajam mestinya jadi alarm bagi kita untuk lebih serius menyikapi pandemi ini, terutama dengan mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker.

Hingga saat ini, salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran virus corona adalah dengan pemakaian masker yang benar.

Pemakaian masker terbukti dapat memblokir tetesan atau droplets yang dikeluarkan oleh seseorang saat sedang berbicara, batuk, atau bersin.

Mengantisipasi penularan virus, Satgas COVID-19 pun menyiapkan masker lima lapis untuk masyarakat.

Tapi, apakah semua masker tersebut efektif mencegah penyebaran virus?

Baca Juga: Sesak Napas Berlebihan Saat Pakai Masker? Bisa Jadi Kita Kena Mask Anxiety! Tahu Gejala dan Cara Menyembuhkannya, Yuk!

Teknologi Baru Satgas COVID-19

Dilansir dari Kompas.com, untuk menjaga efektivitas pemakaian masker, Satgas Nasional Penanganan COVID-19 telah menyiapkan masker dengan teknologi baru yang lebih ampuh mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh manusia.

Juru bicara Satgas Nasional Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, masker tersebut adalah masker dengan kain lima lapis yang diproduksi di Indonesia dan sudah diuji coba di Jerman.

Menggunakan bahan baku polyester dengan teknologi antibakteri pada setiap benang, masker ini dikatakan memiliki daya penyaringan virus mencapai 88% dan penyaringan bakteri 99%.

"Indonesia rupanya bisa memproduksi masker kain berteknologi inovatif, dengan menyatukan lima lapis," jelas Wiku dalam webinar Teknologi Baru Masker Melawan Covid-19 yang diselenggarakan Katadata, Rabu (9/9/2020) sebagaimana dilansir dari Kompas.com, "Masker ini kita sebut INA United. Tingkat kemampuan untuk bernapas baik, untuk berbicara baik, dan bisa dicuci untuk dipakai berulang kali."

Menurut Wiku, diciptakannya masker ini adalah langkah paling efisien untuk menghadapi COVID-19, dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.