5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Seseorang Suka Membully. Jangan Diabaikan!

By Elizabeth Nada, Jumat, 20 November 2020 | 21:20 WIB
Ilustrasi Bullying (foto : KBS)

CewekBanget.ID - Psikolog Klinis dari Brawijaya Healthcare, Nuran Abdat mengatakan bahwa bullying adalah suatu tindakan, perilaku agresif yang dilakukan seseorang atau individu, yang akhirnya timbul opini ataupun komentar yang akan membuat orang/lawan bicaranya merasa terintimidasi atau terhakimi, sehingga membawa dampak negatif bagi orang lain.

Atau secara sederhana, bullying bisa diartikan sebagai sebuah tindakan menyakiti orang lain agar dirinya memiliki kuasa untuk mengatur orang lain.

Baca Juga: Kabar Gembira! Boyband B Force Kembali Rilis Single Terbaru

Tindakan menyakiti orang lain tersebut bisa ditunjukan dengan berbagai cara.

Misalnya saja dengan mengintimidasi, labeling, gossiping, sampai ketindakan fisik seperti menampar ataupun memukul. Duhh..

Nyatanya, ada beberapa hal yang jadi latar belakang penyebab kenapa seseorang bisa jadi tukang bully atau pelaku bullying, lho!

Salah satunya, seseorang jadi suka membully karena kurang rasa percaya diri, lho! Tentu saja, apapun alasannya enggak bisa disepelekan, ya.

Mulai dari keinginan berkuasa sampai menjaga tradisi, ini 5 hal yang bisa jadi penyebab dan alasan seseorang jadi suka membully!