Enggak Perlu Khawatir dan Penasaran Soal Masa Puber Girls, Ini Jawabannya!

By Nana Triana, Selasa, 1 Desember 2020 | 12:05 WIB
Pubertas membuatmu bingung karena sejumlah perubahan terjadi pada tubuh. (Uni Charm)

Cewekbanget.id - Girls, pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai anatomi tubuhmu dan apa yang terjadi dirimu ketika beranjak remaja? Soalnya, pada usia remaja sejumlah perubahan terjadi pada bentuk tubuhmu.

Pernah juga enggak sih kamu bertanya, apa itu datang bulan? Kalau ada teman yang mengatakan sedang ada "halangan", apakah kamu tahu itu artinya apa? 

Selain itu, apakah kamu juga mengetahui mengapa hanya remaja putri yang mengalami menstruasi

Intinya, menstruasi adalah proses untuk menuju kedewasaan reproduksi. Ketika tumbuh dewasa, organ reproduksi akan melalui serangkaian proses diawali dengan masa subur, di mana sel telur siap dibuahi dan dinding rahim menebal untuk mempersiapkan kehamilan. 

Baca Juga: Perawatan Wajah yang Ampuh Buat Remaja! Kenali Tipe Kulit Kita Ya!

Namun, jika kehamilan tidak terjadi, dinding rahim yang menebal akan luruh dan keluar dari dalam tubuhmu. Nah, proses luruhnya dinding rahim itulah yang dinamakan menstruasi. 

Pendidikan menstruasi itu penting

Girls, kalau kamu belum memahami soal menstruasi, tidak apa-apa. Ini karena pendidikan menstruasi bagi remaja putri di Indonesia memang minim sekali. 

Hal tersebut ditemukan dalam Laporan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) yang diselenggarakan pada 2017 dengan melibatkan responden khusus remaja. 

Sebanyak satu dari lima remaja putri di Indonesia tidak pernah tahu persiapan mengenai menstruasi atau bahkan informasi tentang tubuh mereka sendiri. 

Oleh sebab itu, banyak remaja putri yang ketakutan ketika pertama kali menstruasi karena tidak tahu-menahu apa yang terjadi pada dirinya. 

Minimnya informasi mengenai menstruasi juga membuat banyak mitos seputar siklus reproduksi ini berkembang di kalangan remaja. Mitos-mitos tersebut malah membuat salah kaprah.