Kapan Masker Kain Sebaiknya Diganti? Cermati Tanda-tandanya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 9 Desember 2020 | 18:41 WIB
Masker kain (kdrv.com)

CewekBanget.ID - Masker kain memang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mengatasi kelangkaan masker medis.

Namun, enggak semua masker kain efektif, lho! Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang terdiri dari tiga lapis dan bisa menyaring udara dengan maksimal.

Masker dari kain juga dipilih karena bisa dicuci dan digunakan kembali.

Selain hemat, masker ini juga bisa mengurangi sampah karena masker sekali pakai yang berpotensi menjadi sumber polusi mikroplastik.

Namun, kendati masker kain ramah lingkungan, masker menjadi kurang efektif dalam memblokir virus corona ketika sudah tipis karena dicuci pakai berulang kali.

Karenanya penting untuk memperhatikan tanda-tanda bahwa masker kain enggak lagi mampu menyaring tetesan pernapasan yang mungkin membawa virus.

Selain masker wajah buatan sendiri yang telah kita gunakan, banyak masker yang dijual tanpa peringatan kapan waktunya untuk membuang produk.

Untuk mengetahuinya, yuk kenali tanda-tanda kita harus mengganti masker kain dengan yang baru!

Baca Juga: Masih Sering Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher? Bahaya Banget!

Strap Sudah Aus

Ilustrasi melepas masker

Kerusakan enggak selalu terdapat dalam kain yang ada di depan hidung dan mulut, tapi juga ada di bagian lainnya, terutama jika masker dicuci dengan air bersuhu tinggi dan dikeringkan dengan pemanas.