4 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mempertajam Ingatan Kita Lho!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 12 Januari 2021 | 14:20 WIB
Otak (livescience.tech)

CewekBanget.ID - Meski usia kita masih relatif muda, enggak ada salahnya mulai mengasah ingatan sejak dini demi menghindari pikun atau demensia.

Sama seperti kulit, otak juga menua seiring bertambahnya usia.

Jadi, jika kita berumur panjang, tanda-tanda penuaan pada otak juga akan bermunculan secara perlahan dan mengganggu kemampuan memori kita.

Menjaga otak tetap tajam atau membiarkan tanda-tanda penuaannya muncul bergantung pada jumlah cadangan kognitif kita, semacam penyangga.

Nah, ada beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah pikiran kita cepat pikun seiring bertambahnya usia dan bisa dibiasakan dari sekarang, lho!

Baca Juga: Keracunan Hingga Hilang Ingatan, Ini Dampak Negatif Minum Alkohol

Enggak Berhenti Belajar

Ilustrasi membaca

Maksudnya di sini, buatlah pikiran tetap aktif.

Menjaga otak tetap aktif enggak melulu harus lewat cara ekstrem yang terdengar berat, seperti ikut kelas-kelas akademik.

'Terus belajar' juga bisa berarti menerima informasi baru setiap harinya dan bisa merupakan sesuatu yang menyenangkan, misalnya mempelajari game baru, belajar menari atau melukis, ikut kelas bahasa asing, atau sekadar belajar hal baru dari film dokumenter.

Semakin banyak yang terlibat dalam proses tersebut dan semakin aktif pembelajaran yang dilakukan, maka akan semakin baik.