Kucing Kesayangan Kita Enggak Mau Makan? Bisa Jadi Karena Stres!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 12 Januari 2021 | 15:55 WIB
Foto kucing galak (foto : time)

CewekBanget.ID - Buat kita yang memelihara kucing, pasti kita paham kalau kucing juga doyan makan, meski nafsu makannya enggak sebesar anjing.

Makanya, jika mereka menolak makanan, ini bukan pertanda baik.

Ada banyak hal yang menyebabkan kucing enggak doyan makan, mulai dari masalah serius, hingga alasan yang lebih sederhana.

Untuk itu, kita enggak perlu buru-buru membawanya ke dokter hewan bila hal ini terjadi pada kucing peliharaan, tapi juga jangan lantas diabaikan.

Kita bisa melakukan idetifikasi dan mencari penyebab mengapa kucing kita enggan menyentuh makanannya. 

Baca Juga: Hati-hati, Ini 4 Risiko Kalau Kita Sering Tidur Bareng Kucing!

Stres Atau Perubahan Lingkungan

Kucing mungkin enggak sakit, tetapi jika ia terpengaruh oleh perubahan lingkungan yang signifikan, responsnya mungkin berupa penurunan nafsu makan.

Pindah rumah, adanya hewan lain di rumah, atau mengunjungi tempat baru dalam waktu yang lama, bisa menjadi salah satu penyebab stres pada kucing yang pada akhirnya bisa memengaruhi nafsu makannya.

Jika misalnya baru-baru ini ada perubahan dalam rumah yang dapat mengubah kehidupan sehari-hari kucing, mungkin mereka hanya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri.

Baca Juga: Episode Spesial 'Penthouse' Tayang Hari Ini! Season 2 Segera Dimulai dan Makin Banyak Plot Twist

Jika lingkungan baru adalah masalahnya, nafsu makan kucing akan kembali normal ketika mereka sudah berhasil menyesuaikan diri.