Siklus Haid Enggak Lancar? Rajin Konsumsi 7 Makanan Ini, Yuk!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 13 Januari 2021 | 17:05 WIB
Menstruasi (shape.com.sg)

CewekBanget.ID - Mungkin ada di antara kita yang pernah mengalami siklus haid yang enggak teratur, entah lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya.

Hal ini bisa disebabkan tingkat stres yang tinggi, kebiasaan makan enggak teratur, kurangnya aktivitas fisik, dan perubahan hormon.

Oleh sebab itu, mengubah gaya hidup yang lebih sehat adalah salah satu cara paling aman untuk mengatur siklus haid secara alami. 

Nah, di samping gaya hidup yang sehat, berikut ini juga terdapat sejumlah makanan yang secara alami dapat membuat haid menjadi lebih lancar dan teratur. 

Baca Juga: Menstruasi Hanya Terjadi Dua Hari? Sebenarnya Normal Enggak, Sih?

Pepaya

pepaya

Pepaya dianggap sebagai obat alami untuk membuat siklus haid lebih lancar.

Buah ini kaya akan sumber karoten, sehingga dapat membantu mempercepat produksi estrogen dalam tubuh, dan mampu menginduksi haid.

Selanjutnya, pepaya diketahui menyebabkan kontraksi di dalam rahim dan membantu menumpahkan lapisan rahim, yang dapat membawa siklus haid datang lebih awal.

Tapi kemampuannya yang kuat untuk mengatur menstruasi juga menjadi alasan mengapa perempuan hamil diminta untuk pantang makan pepaya, terutama pada bulan-bulan awal.

Maka dari itu, untuk mengatur siklus haid lebih lancar, kita bisa mengonsumsi pepaya secara rutin.