Ini 5 Hal yang Harus Kita Perhatikan Sebelum Memakai Menstrual Cup!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 20 Februari 2021 | 17:05 WIB
Menstrual cup (healthline.com)

CewekBanget.ID - Penggunaan menstrual cup untuk menggantikan pembalut dan tampon saat menstruasi mungkin masih asing bagi sebagian orang, tapi nyatanya menstrual cup sendiri sudah banyak dipakai saat ini, karena lebih aman buat lingkungan dan bisa dipakai berkali-kali.

Masalahnya, ide memasukkan sesuatu yang asing ke vagina untuk menampung darah menstruasi memang terdengar mengerikan dan mengganggu.

Hayo, siapa yang diam-diam penasaran pengin mencoba menggunakan menstrual cup?

Yang harus diingat, cangkir menstruasi ini sebetulnya aman-aman saja dipakai kok, asal kita memperhatikan 5 hal berikut ini dulu supaya enggak salah langkah, ya.

Baca Juga: Cewek Wajib Tahu! Apa Itu Menstrual Cup dan Untung Rugi Memakainya!

Bahan Menstrual Cup

Menstrual Cup

Menstrual cup berbentuk cawan fleksibel terbuat dari silikon dan karet lateks dengan ujung meruncing sebagai pegangan untuk menariknya keluar dari vagina.

Bahan tersebut telah teruji aman untuk dimasukkan ke area vagina dan secara umum membuat penggunaan menstrual cup juga jadi aman kok, girls.

Jadi enggak perlu khawatir dengan kondisi vagina jika dimasukkan cangkir menstruasi tersebut asal kita lakukan dengan hati-hati, terutama kalau kita baru pertama kali mencobanya.