Kronologi Lengkap Kejadian Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

By Tiara Harum Pramesti, Minggu, 28 Maret 2021 | 16:45 WIB
Ledakan bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar (makassar.tribunnews)

CewekBanget.ID - Sebuah bom meledak di Katedral Makassar atau Gereja Hati Yesus Yang Mahakudus pada Minggu, (28/3/2021). 

Dipastikan bom tersebut merupakan bom bunuh diri. 

Bom tersebut meledak tepat setelah ibadah misa kedua selesai dilaksanakan. 

Kronologi kejadian

Melansir dari Kompas.com (28/3) Pastor Wilhelminus Tulak mengungkapkan, ledakan terjadi saat jemaah misa kedua sudah meninggalkan gereja.

"Ketika terjadi ledakan setelah misa kedua. Umat yang kedua sudah pada pulang. Lalu ada yang lain ingin masuk untuk beribadah," kata Pastor Wilhelminus.

Pastor Wilhelminus mendengar dentuman keras saat dia sedang berganti pakaian usai pelaksanaan misa. 

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Terbentuknya Awan Jamur Akibat Bom Nuklir!

Informasi dari petugas keamanan gereja mengungkap, ada dua orang mencurigakan menaiki sebuah sepeda motor yang diduga merupakan pelaku pengeboman. 

"Ada dua orang mencurigakan masuk naik motor. Mereka sudah diamati oleh petugas kami karena akan berusaha masuk ke gereja," jelas Pastor Wihelmus kepada Kompas TV.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Polisi Argo Yuwono setelah dilakukan penyelidikan kejadian. 

"Pada awalnya pelaku yang diduga menggunakan roda dua akan memasuki pelataran maupun pintu gerbang gereja Katedral, yang kebetulan sudah selesai kegiatan Misa.