Pengin Memulai Hobi Koleksi? Ini 5 Hal yang Harus Kita Ingat!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 28 Maret 2021 | 18:15 WIB
Koleksi Marvel Cinta Kuya (YouTube)

CewekBanget.ID - Banyak orang memiliki kegemaran mengoleksi sesuatu yang mereka sukai.

Sebagai contoh, para penggemar K-Pop yang kerap mengoleksi album musik dan photocard idola kesayangan, penggemar manga dan anime yang mengumpulkan komik dan merchandise dari judul yang mereka minati, hingga pecinta otomotif yang gemar membeli kendaraan favorit mereka.

Hobi koleksi sebetulnya boleh-boleh saja kok, kalau kita memang memiliki minat yang tinggi terhadap suatu topik serta punya uang dan waktu yang cukup untuk dialokasikan demi koleksi tersebut.

Mungkin juga sejak pandemi melanda dunia, kita jadi memikirkan prospek untuk memulai kegemaran mengoleksi, nih.

Tapi ada 5 hal yang sebaiknya kita pahami dan diingat baik-baik kalau hendak menjadi kolektorgirls! Apa saja?

Baca Juga: Harga Selangit, Kepoin 7 Tas Termahal Amanda Manopo di Ikatan Cinta!

Koleksi Enggak Harus Jadi Investasi

Pernah terpikir untuk mengoleksi barang-barang langka atau bernilai tinggi sebagai 'investasi' untuk dijual kembali di masa depan?

Mungkin pada beberapa hal prinsip tersebut dapat diterapkan, tapi pasar selalu berubah dan hal yang sekarang sedang tren bisa jadi malah enggak bernilai lagi setelah ini.

Misalnya, jika kita membeli photocard idola K-Pop bernilai tinggi dengan harapan bahwa kita bisa menjualnya dengan harga yang sama suatu hari nanti, siapa tahu kalau di masa depan harga photocard tersebut justru anjlok dan kita terpaksa menjualnya dengan harga lebih murah dibanding uang yang kita keluarkan untuk membelinya?

Jadi intinya, niatkan untuk memulai koleksi karena kita memang menggemari benda dan topiknya ya girls, enggak semua hal harus dijadikan aset untuk masa depan kok.