Sebelum Cabut Komedo Pakai Pore Strip, Ikuti Tips Ini Supaya Aman dan Efektif!

By Fathia Yasmine, Kamis, 29 April 2021 | 13:50 WIB
Ilustrasi penggunaan pore strip. (Shutterstock)

CewekBanget.id – Masa remaja merupakan fase di mana seseorang mulai mengalami pubertas dan berbagai macam perubahan. Tidak hanya perubahan fisik, kulit juga mengalami banyak perubahan.

Bagi remaja putri, perubahan tersebut seringkali memengaruhi kondisi kulit. Komedo dan jerawat mulai bermunculan. Komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori dan merupakan cikal bakal jerawat.

Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel mati, debu dan kotoran, serta produksi minyak berlebih akibat adanya perubahan hormon pada masa pubertas. Ketika permukaan komedo terpapar udara, warna komedo akan berubah menjadi coklat atau kehitaman.

Komedo ini sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, tapi jika kamu sering menyentuh atau memencet area komedo, infeksi akan terjadi. Infeksi tersebutlah yang akhirnya menyebabkan kulit menjadi bengkak dan menimbulkan jerawat.

Baca Juga: Zodiak 29 April 2021. Ada yang Diam-diam Suka Sama Sahabatnya Nih!

Nah, berbeda dengan jerawat yang bisa diobati dengan salep jerawat, komedo justru sulit dibersihkan dan membuat pori-pori terlihat besar. Selain itu, komedo ini juga lebih sering muncul di bagian hidung dalam jumlah banyak.

Untuk menghilangkannya, biasanya diperlukan treatment khusus seperti facial. Namun, perawatan kulit tersebut cenderung mahal dan juga menghabiskan banyak waktu. Sementara, remaja lebih memerlukan solusi yang praktis dan ekonomis.

Pore strip lebih praktis untuk mengangkat komedo

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir akan kesulitan untuk menghilangkan komedo. Sebab, komedo di hidung sekarang bisa dilibas dengan mudah berkat bantuan strip komedo atau dikenal dengan pore strip.

Menurut laman Healthlinepore strip merupakan plester yang mampu mengangkat komedo dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Baca Juga: IZ*ONE Disband Hari Ini, 3 Member Jepang Kembali ke Negaranya

Ketika permukaan pore strip menempel di kulit, lapisan pore strip akan menangkap komedo dan melepaskannya langsung dari pori-pori. Masih menurut laman tersebut, pore strip merupakan produk kecantikan yang aman digunakan secara rutin.