Cobain Kakeibo, Menabung ala Jepang Agar Remaja Bisa Mengatur Keuangan

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 24 Mei 2021 | 21:40 WIB
ilustrasi mengatur keuangan (moneycrashers.com)

CewekBanget.ID - Mengatur keuangan mungkin sulit bagi sebagian remaja, apa lagi kalau kita masih bingung mencari cara menabung yang tepat.

Faktor gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari sering membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak dari yang kita targetkan sebelumnya, sehingga usaha kita mengatur keuangan jadi kacau.

Nah, cobain teknik kakeibo dari Jepang ini deh, supaya kita bisa lebih baik dalam mengatur keuangan dan menabung dengan lebih efektif!

Baca Juga: Tips Remaja Mengatur Keuangan: Bagi Pengeluaran ke Dalam 5 Jenis Ini!

Kakeibo

Dilansir Kompas.com dari Yahoo, pada awal 1900-an, jurnalis cewek pertama dari Jepang bernama Hani Motoko menemukan sistem yang disebut kakeibo atau 'jurnal penganggaran'.

Ia menulisnya untuk membantu para cewek yang sibuk mengatur keuangannya.

Lebih dari seabad kemudian, filosofi tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Fumiko Chiba dalam buku 'Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money'.

Konsepnya, kita duduk dengan jurnal finansial tersebut kemudian merencanakan apa yang akan kita lakukan, mulai dari membelanjakan, menabung, dan mencatat apa yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Ada lima langkah dasar yang bisa menjadi panduan kalau kita pengin mulai menerapkan metode ini.