Apa Itu Rape Culture? Inilah Contoh, Bahaya dan Cara Mengatasinya

By Dok Grid, Senin, 21 Oktober 2024 | 13:39 WIB
Rape Culture ()

CewekBanget.ID - Apakah kita sering mendengar candaan yang enggak pantas di lingkungan kita yang merendahkan cewek atau korban pelecehan seksual, atau mengetahui orang-orang yang meremehkan laporan kekerasan seksual yang dialami seseorang?

Atau mungkin kita mengetahui kalau seseorang yang selama ini kita anggap baik ternyata melakukan kekerasan seksual seperti perkosaan, tapi orang lain malah menganggap remeh kesaksian korban yang mengungkap kejadian tersebut karena pelaku merupakan orang terkenal.

Hati-hati, hal seperti itulah yang termasuk dalam perilaku rape culture!

Istilah rape culture digunakan ketika perilaku perkosaan dan pelecehan atau kekerasan seksual lainnya dianggap lumrah, bahkan diwajarkan untuk tayang di media dan budaya populer.

Sadar atau enggak, lingkungan di sekitar kita atau bahkan diri kita sendiri mungkin pernah melakukan salah satu dari banyak perilaku yang termasuk ke dalam rape culture.

Apa Itu Rape Culture?

Yuk, lebih aware dan segera hentikan budaya yang mengancam korban seperti ini, simak:

Baca Juga: Anak Remaja Harus Tahu, 5 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disentuh Orang 

Contoh Rape Culture

Sebetulnya ada banyak banget contoh rape culture yang marak terjadi, bahkan bisa jadi dilakukan oleh cewek meskipun pada kenyataannya kebanyakan korban pelecehan dan kekerasan seksual adalah cewek juga.

Salah satunya yang cukup sering terjadi adalah victim blaming atau menyalahkan korban atas kejadian yang menimpanya, misalnya dengan menuduh kalau hal itu terjadi gara-gara pakaian, bentuk tubuh, atau perilaku korban.

Selain itu, candaan yang mengarah pada topik seksual dan melibatkan orang lain tanpa consent juga termasuk dalam jenis rape culture.

Memaklumi perilaku pelecehan dan kekerasan seksual atas alasan apapun, misalnya dengan berdalih kalau cowok wajar melecehkan cewek, serta meremehkan laporan berbagai bentuk pelecehan seksual seperti tuduhan perkosaan yang dilakukan seseorang juga termasuk rape culture, lho.

Sadar atau enggak, mungkin ada beberapa perilaku rape culture yang masih kita lakukan sampai saat ini.