Kenali 7 Tahap dalam Kesedihan, dari Penyangkalan hingga Harapan!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:00 WIB
Drama 'Blue Birthday' (Playlist Studio)

CewekBanget.ID - Kesedihan dan perasaan duka bukan sesuatu yang datang dan pergi begitu saja.

Setelah dilanda kesedihan, kita mungkin mengalami beberapa tahap psikologis dulu sebelum dapat menerima kenyataan, termasuk menolak dan marah atas hal yang telah terjadi.

Inilah yang disebut dengan tahap-tahap kesedihan (stages of grief); kita enggak harus selalu melalui seluruh tahap ini dan enggak semuanya terjadi secara runut, tapi bukan hal yang aneh apabila kita melalui beberapa tahap kesedihan ini.

Kita mungkin lazim mengetahui 5 tahap dalam kesedihan (5 stages of grief) seperti yang dirumuskan oleh Elisabeth Kübler-Ross, tapi ada pula teori lain yang menyebut kalau terdapat 7 tahap yang biasanya dilalui seseorang ketika berduka.

Melansir Healthline, apa saja 7 tahap dalam kesedihan yang mungkin terjadi ketika kita mendapat kabar duka?

Baca Juga: 3 Tipe Zodiak Mengatasi Rasa Galau dan Sedih Karena Putus Cinta

Keterkejutan (Shock) dan Penyangkalan (Denial)

Tahap pertama yang lazim dilalui seseorang ketika sedih atau berduka adalah terkejut (shock) dan menolak kenyataan (denial).

Di sini kita enggak percaya atau menolak percaya bahwa kita baru saja mendapat kabar buruk, dilanda kesedihan, atau berduka.

Kita mungkin mengalami ini saat baru saja putus, mendengar kabar yang enggak diinginkan, atau ketika orang yang kita kenal meninggal dunia.

Sadar atau enggak, barangkali kita menyangkal karena hendak mengurangi perasaan nyeri secara emosional dan enggak mau membayangkan hidup di masa depan setelah kehilangan sesuatu atau seseorang yang berharga bagi kita.

Penyangkalan ini sendiri bukan usaha untuk berpura-pura kalau kehilangan itu enggak ada, tapi lebih merupakan upaya kita menyerap dan memahami apa yang sebetulnya sedang terjadi, apa lagi jika sesuatu terjadi secara mendadak.