Harus Adaptasi, Gini Tips Remaja Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:40 WIB
ilustrasi mengatur keuangan (moneycrashers.com)

CewekBanget.ID - Girls, apa saja yang sudah kita persiapkan untuk mengatur keuangan di tengah pandemi?

Tentunya selain mengatur keuangan untuk masa sekarang, kita juga mesti menyiapkan keuangan untuk hal-hal enggak terduga di masa depan, termasuk ketika misalnya pandemi telah berakhir.

Adaptasi terhadap berbagai perubahan akibat pandemi COVID-19 ini jadi penting untuk dilakukan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal mengatur keuangan.

Jadi kayak gimana nih, kita mesti beradaptasi agar dapat lebih bijak mengatur keuangan dan mengantisipasi berbagai kemungkinan selama pandemi COVID-19?

Baca Juga: Remaja Cerdas Mengatur Keuangan, Ketahui Beda Jangka Waktu Investasi!

Adaptasi Keuangan Selama Pandemi

Kondisi kehidupan berbagai pihak tentu berubah drastis akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia.

Ini juga berdampak pada kondisi keuangan kita, yang menuntut kita agar lebih beradaptasi dan menyesuaikan cara kita mengatur keuangan dengan situasi yang terjadi selama pandemi ini.

Melvin Mumpuni, ST., MBA., CFP®, QWP®, seorang perencana keuangan dan CEO Finansialku.com, berbagi tips mengenai persiapan keuangan yang kita perlukan di masa pandemi dan menghadapi masa depan dengan manajemen risiko serta pengaturan cash flow.

Menurut Melvin dalam webinar bertajuk 'Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan' yang diadakan Allianz Indonesia pada Jumat (1/10), yangharus dilakukan pertama kali adalah melakukan financial check-up.