Ingat Privasi, Jangan Sembarangan Bagikan 4 Hal Ini di Medsos!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:50 WIB
Media sosial (yuniza.com)

CewekBanget.ID - Zaman sekarang, rasanya hampir semua hal dapat kita jadikan konten menarik untuk dibagikan di media sosial.

Mulai dari foto dan cerita perjalanan yang seru hingga tingkah orang lain yang bikin geleng-geleng kepala, ada saja hal yang menurut kita layak dijadikan konten media sosial yang dapat menghibur atau memberi informasi kepada orang lain.

Tapi kita harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, lho.

Jangan sembarangan bikin konten yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, seperti mengunggah 4 hal ini di media sosial.

Bukannya dapat perhatian, bisa-bisa kita malah jadi korban kejahatan siber, lho. Hiiy!

Baca Juga: 5 Hal Ini Akan Terjadi Kalau Kita Berhenti Main Medsos! Mau Coba?

Kartu Identitas

Jangan pernah sembarangan membagikan foto kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada siapa saja, terutama di media sosial!

Pasalnya, di sana tertera nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, serta segala data yang berkaitan dengan privasi kita.

Kalau sampai jatuh ke tangan oknum yang enggak bertanggungjawab, data tersebut dapat digunakan untuk meretas akun hingga mengancam diri kita.

Kita harus ingat juga kalau kejahatan digital seperti pencurian dan penyalahgunaan data pribadi sulit dicegah kecuali kita waspada sejak awal.

Baca Juga: Dapat Komentar Negatif di Medsos, HIVI Lebih Memilih untuk Bodo Amat?