Punya Banyak Baju yang Jarang Dipakai? Yuk, Perbarui Gaya Berpakaian dengan Capsule Wardrobe

By Fathia Yasmine, Kamis, 9 Desember 2021 | 12:13 WIB
Ilustrasi tumpukan baju (Dok. Shutterstock)

CewekBanget.ID – Ketika membuka lemari baju, pernahkah kamu menghitung berapa banyak baju yang kamu miliki? Umumnya, setiap perempuan pasti memiliki baju dengan berbagai macam gaya dan warna. Jumlah baju akan pun akan terus bertambah seiring dengan perkembangan tren fesyen.

Niat hati ingin selalu tampil up-to-date, tetapi hasilnya banyak baju menumpuk dan banyak yang tidak terpakai.

Mengingat tren fesyen juga cepat berganti, pakaian yang saat ini menjadi tren bisa jadi tidak lagi keren di masa depan. Padahal, bisa jadi kondisinya masih bagus. Kamu pun cenderung kembali mengenakan pakaian dengan model simpel dan basic.

Sayang banget, kan kalau baju yang masih bagus malah jadi enggak terpakai hanya karena sudah tidak ngetren. Selain uang yang dihabiskan untuk membeli baju menjadi sia-sia, pola konsumsi fast fashion seperti itu juga tidak baik karena sampah tekstil juga berdampak buruk pada lingkungan.

Baca Juga: Ada yang Enggak Tahu Malu, Begini 4 Tipe Zodiak Saat Main ke Rumah Teman!

Nah, oleh sebab itu, kamu perlu merevolusi isi lemari pakaian. Pilah pakaian yang tidak terpakai untuk disumbangkan atau dijual di thrift store. Setelah itu, mulailah menerapkan capsule wardrobe untuk memadu padankan pakaian sehari-hari.

Capsule wardrobe adalah kumpulan dari beberapa item pakaian yang tidak ketinggalan zaman (timeless), seperti atasan, rok, celana panjang, dan mantel. 

Ide ini pertama kali diperkenalkan oleh pemilik butik Wardrobe dari London, Susie Faux, pada era 1970-an. Ide ini kemudian dipopulerkan kembali oleh desainer Donna Karan pada 1985.

Prinsip metode ini adalah menciptakan beberapa set padu-padan pakaian yang tersedia dalam lemari. Buat tujuh set untuk satu minggu. Kemudian, pada minggu selanjutnya kamu bisa merotasi set padu-padan pakaian yang sudah dibuat atau menukar padanannya.

Baca Juga: Salah Satunya Depresi, Ini 10 Tanda Tubuh Kita Ternyata Kurang Kalsium

Dengan metode ini, kamu tidak perlu punya banyak baju dan item fashion untuk tampil pantas setiap harinya. Apabila saat memilah isi lemari hanya tersisa sedikit pakaian yang bisa digunakan, kamu boleh membeli tambahannya. Namun, pastikan pilih pakaian dengan model yang netral dan mudah dipadukan.

Dilansir dari The Telegraph, berikut tiga prinsip capsule wardrobe yang bisa kamu coba.