Bukan Sekadar Introvert, Ini yang Dimaksud Gangguan Antisosial!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:20 WIB
Ilustrasi antisosial ()

CewekBanget.ID - Kita pasti sering mendengar istilah 'antisosial' dikaitkan dengan karakter introvert atau perasaan malas bergaul dengan orang lain.

Padahal fyi, ada gangguan kesehatan mental yang disebut sebagai gangguan kepribadian antisosial dan sama sekali bukan cuma soal keengganan untuk bersosialiasi, lho.

Kepoin dulu yuk, yang dimaksud dengan gangguan kepribadian antisosial!

Baca Juga: Bukan Anti Sosial, Sebenarnya Ini Perbedaan Introvert dan Ekstrovert!

Gangguan Kepribadian Antisosial

Gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder atau ASPD) kadang diasosiasikan dengan gangguan kepribadian sosiopat (sociopath personality disorder).

Melansir Thought Catalog, ASPD adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan seseorang menderita gangguan cara berpikir dan berperilaku, sehingga ia menjadi sembrono dan melakukan hal-hal yang melanggar moral hukum hingga empati terhadap sesama manusia.

Makanya, enggak jarang orang yang menderita gangguan antisosial ini memiliki masalah sepanjang hidupnya serta kerap memiliki riwayat pekerjaan yang buruk, kesulitan menjalani hubungan dengan orang lain, cenderung manipulatif untuk kepentingannya sendiri, hingga bukan enggak mungkin pernah melakukan tindak kriminal.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi! Introvert dan Antisosial Adalah Hal yang Berbeda