Dialami Aliando Syarief, Apa Itu OCD dan Gejala yang Harus Diketahui?

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 28 Januari 2022 | 13:55 WIB
Aliando Syarief (Foto: Instagram/ @aliandooo)

CewekBanget.ID - Artis Aliando Syarief muncul kembali untuk menyapa penggemar setelah cukup lama vakum dari dunia hiburan.

Pada Kamis (27/1/2022), Aliando melakukan siaran Instagram live dan memberikan kabar terkini seputar kondisinya selama ini.

Aktor yang naik daun berkat sinetron Ganteng-Ganteng Serigala itu pun mengaku, dirinya mengalami gangguan obsesif-kompulsif (OCD) sejak masih SD dan kini merasakan gejala yang semakin parah.

Bahkan, OCD yang dialami Aliando sampai mengganggu kegiatan aktingnya.

Kita mungkin sudah pernah mendengar tentang gangguan mental OCD yang dialami Aliando, tapi masih bingung dengan tanda-tandanya.

Apa itu obsessive-compulsive disorder (OCD) dan gejalanya yang harus diwaspadai?

Obsessive-Compulsive Disorder

Obsessive-compulsive disorder (OCD) alias gangguan obsesif-kompulsif adalah gangguan yang membuat seseorang mengalami pengulangan pikiran (obsesi) atau perilaku (paksaan) yang enggak terkontrol.

Penderita OCD mengalami pikiran dan perilaku berulang yang enggak mereka inginkan, termasuk berbagai ketakutan dan kekhawatiran terhadap hal-hal yang sebetulnya enggak diambil pusing oleh orang lain.

Baca Juga: OCD Aliando Syarief Makin Parah, Sampai Pengaruhi Caranya Berakting

Sementara itu, melansir dari National Insititute of Mental Health, OCD adalah kondisi gangguan yang umum, kronis, dan dapat bertahan lama, serta bisa berdampak buruk bagi kehidupan kita sehari-hari.

Kita bisa saja berusaha mengabaikan atau menghentikan obsesi tersebut, tapi itu hanya akan meningkatkan stres dan kecemasan yang kita alami.