Mau Kuliah di Luar Negeri? Cari Motivasi, 5 Tips Ini Wajib Disimak!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 27 Februari 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri (goabroad.com)

CewekBanget.ID - Banyak orang bercita-cita pengin menempuh kuliah di luar negeri.

Hal ini kini dipermudah dengan kerja sama antarnegara, berbagai lembaga yang menawarkan beasiswa, program khusus mahasiswa asing, dan sebagainya.

Jangan minder dan mundur saat mengetahui berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk kuliah di luar negeri yuk, girls. Jadikan motivasi dan simak beberapa tips berikut ini agar impian kita terwujud!

Tentukan Kampus dan Jurusan dengan Biaya Terjangkau

Hal yang paling utama saat hendak mendaftar kuliah di luar negeri adalah menentukan kampus dan jurusan yang kita inginkan.

Pastikan kampus yang kita incar memiliki jurusan yang sesuai dengan minat kita.

Selain itu, penting juga bagi kita untuk mencari tahu tentang biaya perkuliahan di sana, mulai dari biaya pendaftaran, kredit semester, hingga biaya kelulusan atau wisuda.

Kalau kita merasa biayanya terlalu tinggi tapi kita pengin tetap melanjutkan proses pendaftaran, jangan lupa untuk mencari beasiswa atau sarana bantuan lainnya yang sesuai.

Toh, saat ini sudah banyak lembaga dan instansi yang menawarkan beasiswa atau keringanan dana untuk kita yang mau berkuliah di luar negeri.

Baca Juga: Wirda Mansur Kuliah di 3 Univ Ternama, Netizen Temukan Fakta Ini!

Persiapan Bahasa Asing

Beberapa lembaga pendidikan atau universitas di luar negeri membuka program khusus mahasiswa asing dengan materi pembelajaran yang disampaikan dalam Bahasa Inggris.