Istiqlal Jadi Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Dunia. Keren!

By Aisyah Balqis, Senin, 18 April 2022 | 04:05 WIB
Masjid Istiqlal Jakarta (Foto : Shutterstock via Kompas )

CewekBanget.ID - Melansir Kompas, Masjid Istiqlal menjadi masjid pertama di dunia yang meraih sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE).

Masjid Istiqlal didapuk sebagai rumah ibadah dengan bangunan ramah lingkungan atau green building.

Penghargaan sertifikat EDGE untuk Masjid Istiqlal ini diberikan langsung dari lembaga International Finance Corporation melalui Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor-Leste Azam Khan.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar di Jakarta, Rabu (06/04/2022). 

Azzam Khan mengatakan EDGE merupakan standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi untuk membantu profesional dan para pelaku bangunan gedung dalam mewujudkan bangunan hijau."Masjid yang merupakan kebanggaan Indonesia ini memiliki sejarah panjang dan saat ini kembali mengukir sejarah dengan menjadi bangunan masjid pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat final EDGE sebagai bangunan gedung hijau,” kata Azam dalam keterangannya seperti dikutip Antaranews, Rabu (06/04/2022). 

Alasan Masjid Istiqlal Dapat Penghargaan

Masjid Istiqlal diberikan sertifikat EDGE karena telah dilakukan renovasi di beberapa bagian dengan konsep ramah lingkungan. 

Renovasi yang dilakukan terbukti menurunkan jejak karbon secara signifikan. Renovasi beberapa bagian Masjid Istiqlal dikerjakan bersama-sama oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI).

Baca Juga: Alasan Amanda Manopo Bangun Masjid Ternyata Karena Sudah Nazar

Green Building Council (GBC) Indonesia, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Peremajaan yang dilakukan pada beberapa bagian gedung masjid dibuat ramah lingkungan yang bisa meningkatkan efisiensi air dan penggunaan energi dari bangunan.

Renovasi Masjid Istiqlal secara signifikan mengurangi jejak karbon dengan penggunaan atap dan dinding luar hemat energi.

Penerangan dan ruang internal dan eksternal, smart energi meter, dan panel surya yang mencakup lebih dari 13 persen konsumsi listrik.