Diberikan Gratis, Ini Fakta Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 20 April 2022 | 12:45 WIB
ilustrasi pemberian vaksin (yahoo.com)

CewekBanget.ID - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa program imunisasi rutin, khususnya vaksin kanker serviks atau human papillomavirus (HPV) akan diberikan secara gratis mulai tahun ini.

Melansir dari Kompas.com, Budi berkata bahwa vaksin kanker serviks akan diberikan secara gratis dan dibiayai oleh negara mulai tahun ini.

Menurut Budi, hal itu dilakukan sebagai tindakan preventif dan promotif pemerintah dalam penerapan kebutuhan kesehatan dasar.

Tentunya kita tahu, sama seperti jenis vaksin lainnya, vaksin HPV atau vaksin kanker serviks ini lebih berfungsi untuk mencegah alih-alih mengobati orang sakit.

Ini kabar baik khususnya bagi kita sebagai remaja cewek lho, girls!

Mau tahu kenapa? Yuk, kepoin sejumlah fakta tentang HPV serta vaksinnya berikut ini.

HPV

Merasa asing dengan istilah vaksin kanker serviks?

Mungkin selama ini kita lebih sering mengetahuinya dengan nama vaksin HPV.

Baca Juga: Angka Penderita Kanker Serviks Meningkat Setiap Tahun, Yuk Vaksin!

Human papillomaviruses (HPV) sendiri adalah kelompok yang terdiri lebih dari 200 virus, dan 40 di antaranya menyebar melalui kontak seksual langsung, seperti dilansir dari cancer.gov.

Ada 2 jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin, dan jauh lebih banyak lagi jenis HPV yang dapat menyebabkan tipe kanker tertentu, seperti kanker serviks, anal, vulvar, dan vaginal.