5 Tanda Kalau Kita Sudah Siap Tinggal Sendiri, Jauh dari Orang Tua

By Marcella Oktania, Sabtu, 28 Mei 2022 | 16:40 WIB
Ilustrasi tinggal sendiri (iStockphoto via wearesololiving.com)

CewekBanget.ID - Kebanyakan orang Indonesia bakalan tetap tinggal bersama orang tua sampai menikah atau sampai usia tua.

Namun buat kita yang pengin tinggal sendiri dan jauh dari orang tua, sebenarnya ini hal yang bukan enggak mungkin kita lakukan, lho.

Walaupun awalnya susah dan menyeramkan, tapi kalau kita sudah punya tanda tertentu, bisa jadi tinggal sendiri adalah jawaban untuk ketentraman hati.

Dilansir dari beragam sumber, ini 5 tanda kalau sebenarnya kita sudah siap untuk tinggal sendiri dan jauh dari orang tua.

1. Sudah bisa atur keuangan sendiri

Hal pertama yang paling penting untuk tahu apakah kita sudah siap tinggal sendiri dan jauh dari orang tua adalah tentang bagaimana kita mengatur keuangan sendiri.

Walaupun kita mungkin masih dikirimi uang oleh orang tua, minimal kita harus sudah punya tabungan untuk bisa siap tinggal sendiri.

Selain itu, kita juga harus tahu bagaimana membedakan keinginan dan kebutuhan, bisa membayar kebutuhan sehari-hari, dan bisa menahan diri untuk enggak menghambur-hamburkan uang.

Akan jauh lebih baik lagi kalau sudah punya penghasilan sendiri.

Baca Juga: Panutan, 3 Sifat Cewek Mandiri Ini Jadi Daya Tarik Tersendiri!

2. Bisa jaga diri sendiri

Ini bukan cuma tentang bisa bangun sendiri dan enggak lagi ketiduran setelah alarm berbunyi.

Bisa jaga diri sendiri tandanya kita mengerjakan segala sesuatu tentang pekerjaan rumah, tahu batasan, dan sepenuhnya bertanggung jawab pada diri sendiri.