Habis Bertengkar Sama Orang Tua? Lakukan Ini Supaya Baikan ya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 8 Juni 2022 | 23:10 WIB
Ilustrasi sayang ke orang tua (iStockPhoto via Parapuan)

CewekBanget.ID - Namanya juga keluarga, kita tentu enggak bisa terus-menerus memiliki hubungan yang harmonis dengan orang tua.

Malah, kayaknya beberapa di antara kita lebih banyak mengalami cekcok dan pertengkaran dengan orang tua. Betul enggak?

Tapi kita kan, enggak mungkin terus-menerus marah ke orang tua dan sebaliknya.

Supaya bisa berbaikan, coba lakukan hal berikut ini ya.

Cari Cara Berkomunikasi yang Tepat

Kadang kita pengin memberanikan diri untuk berbicara dengan orang tua mengenai hal yang mungkin pernah membuat kita atau mereka kesal, tapi enggan atau enggak mampu.

Kalau begitu, cobalah berinisiatif untuk mencari cara komunikasi paling tepat agar enggak ada hati yang tersakiti antara kita dengan ibu dan ayah saat membahas sebuah permasalahan.

Kita bisa mengajak mereka makan ke restoran favorit atau berjalan-jalan agar suasana lebih santai, sehingga obrolan pun lebih mengalir.

Pahami Perspektif Masing-Masing

Terkadang, cara kita memandang sesuatu berbeda dari apa yang sebenarnya pengin dikatakan sehingga akhirnya timbul kesalahpahaman.

 
Kita juga bisa jadi kurang memahami perspektif orang tua kita dalam memandang sesuatu yang kita anggap benar menurut diri kita sendiri.

Jadi, cobalah untuk lebih pengertian dan mencoba memosisikan diri sebagai orang tua kita dengan berbagai pendapat dan pandangan mereka berkaitan dengan kita sebagai anak mereka.

Lebih Banyak Mendengarkan