Bad Hair Day Karena Rambut Lepek dan Berminyak? Trik Ini Bisa Jadi Solusi

By Fathia Yasmine, Kamis, 14 Juli 2022 | 10:26 WIB
Ilustrasi bad hair day (DOK. Shutterstock)

CewekBanget.ID – Memiliki rambut yang tertata rapi dan indah saat beraktivitas seharian merupakan impian semua perempuan. Rambut yang terlihat berantakan dapat membuat mood dan kepercayaan diri kamu menurun sehingga mengalami yang disebut bad hair day.

Sayangnya, rambut memang tak selalu mudah diatur dan terlihat seperti yang diinginkan. Salah satu masalah rambut yang bisa bikin kamu mengalami bad hair day adalah rambut lepek dan berminyak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut lepek dan berminyak. Faktor tersebut mulai dari cuaca panas dan udara lembap, paparan polusi dan debu, jarang keramas, sering memegang rambut menggunakan tangan, hingga perubahan hormon dan stres.

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir mengalami bad hair day karena rambut lepek. Sebab, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

  1. Gunakan bedak tabur

Untuk menyamarkan tampilan rambut yang berminyak, kamu bisa menggunakan bedak tabur. Caranya, taburkan sedikit bedak pada bagian rambut yang lepek, termasuk pada batang dan akar rambut.

Jika bedak sudah tersebar secara merata, selanjutnya kamu hanya perlu menyisir rambut hingga serbuk bedak pada batang rambut tidak terlihat lagi. Voila! Rambut akan kembali cantik dan bervolume.

Baca Juga: Drama Alchemy of Souls Ganti Jung So Min dengan Go Yoon Jung?

  1. Ganti posisi belahan rambut

Dikutip dari Allure, mengganti posisi belahan rambut merupakan salah satu trik untuk menutupi rambut lepek. Cara ini juga disebut mampu membuat rambut tampak lebih bervolume dan wajah tampak lebih segar.

Selain itu, mengganti posisi belahan rambut diklaim dapat membantu mengurangi kerontokan rambut serta mengatasi masalah rambut rusak dan rapuh.

  1. Gunakan teknik slick

Jika rambut terlanjur lepek dan sulit mengembang kembali, kamu bisa menutupinya dengan menata rambut dengan gaya slick. Gaya ini juga akan membuat rambut kamu terlihat lebih estetis.

Untuk lebih menyamarkan lepek, gunakan sedikit hair oil atau semprotkan sedikit hair spray pada sisir. Selanjutnya, rapikan anak rambut agar tidak mencuat.

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Terhindar dari Bau Kaki Enggak Sedap. Coba Yuk!