Harus Tahu Batas, Ini Tanda Kita Sudah Memuja Idola Berlebihan!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 20 Juli 2022 | 23:10 WIB
ilustrasi fangirl ()

CewekBanget.ID - Kita semua punya cara dan tingkat kesukaan masing-masing terhadap idola kita. Setuju?

Ada yang merasa sudah cukup menyukai idola dengan mendengarkan lagu atau menonton kontennya di internet, ada yang beli merchandise, hingga ada pula yang rajin nonton konser sampai bela-belain pergi ke luar negeri demi menyusul selebritas favorit kita.

Selama kadarnya masih dalam batas wajar, hal itu tentu enggak masalah, girls.

Tapi hati-hati, jangan sampai kita memuja idola secara berlebihan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain deh, ya!

Celebrity Worship Syndrome

Celebrity worship syndrome (CWS) atau sindrom pemujaan terhadap selebritas adalah gangguan obsesif-adiktif ketika seseorang terlalu terlibat dan obsesif terhadap detil kehidupan pribadi selebritas.

Jadi, orang dengan CWS cenderung memuja selebritas secara berlebihan, bahkan sampai menjadikan sosok yang dipujanya tersebut sebagai pusat dari hidupnya.

 
 

Dilansir dari Psychology Today, meski semua orang yang tampak oleh publik dapat menjadi obyek obsesi seseorang, tapi sindrom yang satu ini dikhususkan untuk merujuk pada sosok dari industri pertelevisian, perfilman, atau budaya pop.

Biasanya pada tahap yang paling parah, orang dengan CWS dapat melakukan apa saja demi idolanya, bahkan meski sang idola enggak mengenal dirinya secara pribadi.

Ciri-Ciri

 
Ada beberapa gejala CWS yang harus diwaspadai.

Salah satunya adalah kecenderungan seseorang untuk terlalu kepo terhadap kehidupan pribadi seorang selebritas yang dipujanya.

Ia juga selalu berusaha untuk dekat dengan sang idola, misalnya dengan membuntutinya di tempat umum atau melakukan cara-cara berbahaya untuk mengetahui aktivitas orang yang dipujanya tersebut.