Privasi Ada di Tangan Kita, Jangan Unggah 4 Hal Ini ke Medsos!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 20 Juli 2022 | 23:15 WIB
Ilustrasi menggunakan media sosial (freepik.com)

CewekBanget.ID - Privasi adalah sesuatu yang harus kita jaga dengan baik demi keamanan dan kenyamanan kita sendiri.

Saat ini, privasi terutama di internet sangat rawan bocor.

Meski berbagai platform di internet telah memperketat sistem keamanan, kebocoran privasi tetap bisa terjadi apabila kita lalai dalam menjaganya.

Yuk, cegah kebocoran data yang dapat membahayakan kita dengan enggak membagikan hal-hal berikut ini di internet.

Kartu Identitas

Ingat ya girls, jangan sekali-kali mengunggah foto kartu identitas atau benda yang berkaitan dengan informasi pribadi kita seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan sertifikat vaksinasi sembarangan di media sosial ya!

Pasalnya, kartu identitas memuat seluruh data pribadi kita seperti nomor identitas, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, hingga alamat dan keterangan lain seperti golongan darah.

Data tersebut kerap menjadi persyaratan saat kita hendak mengurus dokumen tertentu atau mendaftarkan diri untuk membuat akun di berbagai platform digital.

Kalau sembarangan dipublikasikan, data tersebut sangat rentan dicuri dan disalahgunakan oleh oknum enggak bertanggungjawab, nih, pasalnya kita akan sulit mencegah kejahatan yang terjadi di internet.

Jadi lebih waspada dalam menjaga identitas pribadi kita, ya!

Tiket Perjalanan

Kita mungkin excited banget saat hendak bepergian dan merasa pengin membagikan momen menyenangkan selama perjalanan dengan mengunggah foto tiket atau boarding pass di media sosial.