Enggak Boleh Dibiarkan, Gini Cara Mengatasi Masalah Maag Kronis!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 31 Juli 2022 | 21:40 WIB
ilustrasi sakit perut, kanker perut, maag, gerd ()

CewekBanget.ID - Kalau kita memiliki riwayat maag, khususnya maag kronis, jangan abaikan kondisi kesehatan kita.

Faktanya, gejala maag kronis yang dibiarkan begitu saja dapat menimbulkan masalah kesehatan lanjutan.

Bahkan, kalau enggak segera diatasi, maag kronis dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Kenali gejala, penyebab, dan cara mengatasinya!

Gejala Maag Kronis

Maag kronis adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi, bahkan hingga bertahun-tahun atau seumur hidup jika enggak segera diatasi.

Beberapa gejala maag kronis antara lain nyeri dan sensasi terbakar pada lambung, rasa kenyang meski baru sedikit makan, mual dan muntah, serta kembung dan sendawa.

Selain itu, hilangnya nafsu makan, perasaan enggak nyaman di perut bagian atas, hingga pendarahan juga merupakan tanda-tanda kalau maag yang diderita sudah serius dan mesti diperiksakan kondisinya ke dokter.

Penyebab

Secara umum, maag kronis terjadi akibat adanya sekumpulan kondisi yang menyebabkan peradangan kronis di dinding mukosa perut.

Beberapa penyebab lainnya misalnya infeksi bakteri H.pylori yang dapat menginfeksi lewat air, makanan, liur, dan cairan tubuh lainnya bahkan sejak dini.

 

Masalah dinding lambung pun dapat menjadi penyebab timbulnya maag kronis dan dapat dipicu oleh berbagai hal seperti konsumsi obat non-steroid dalam jangka panjang, stres, cedera, paparan radiasi, dan refluks empedu. 

Sedangkan salah satu penyebab lainnya adalah kondisi autoimun, ketika dinding lambung justru diserang oleh sistem kekebalan tubuh kita sendiri tanpa alasan yang jelas.