Transformasi Ekonomi Digital, E-Commerce Turut Berperan Ciptakan SDM Digital Berkualitas

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 25 Agustus 2022 | 21:11 WIB
Sapa Sosok Dua Puluh Harian Kompas bersama Lazada (CewekBanget.ID/Fatimah)

CewekBanget.ID - Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, sudah semestinya kita mendorong transformasi ekonomi digital, termasuk bagi para pelaku UMKM.

FYI, UMKM menjadi salah satu tulang punggung ekonomi dunia yang berdampak besar pada produk domestik bruto dan lapangan kerja.

Namun, pada ketika pandemi COVID-19 melanda, terlebih saat diberlakukannya PPKM dan PSBB, sekitar 80 hingga 90 persen UMKM di Indonesia nyaris lumpuh.

Situasi ini akhirnya 'memaksa' pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi supaya mereka tetap bisa bertahan dalam menjalankan usahanya.

Tapi kenyataan di lapangan berkata, masih banyak UMKM yang belum sepenuhnya siap untuk melakukan transformasi digital nih, girls!

Baca Juga: Mainkan Game Lazzie Star Cake Master di Aplikasi Lazada, Wujudkan Impian miliki Apartemen Idaman

Hal ini enggak terlepas dari keterbatasan SDM di bidang digital untuk mengembangkan UMKM.

Padahal peran SDM bidang digital sangat berpengaruh banget dalam terciptanya peluang di era industri 4.0, sekaligus keluar dari persaingan yang semakin ketat.

Seberapa penting peran SDM bidang digital dalam UMKM?

Faktor dibutuhkannya SDM bidang digital dalam UMKM adalah untuk mengoptimalkan transformasi digital yang membutuhkan teknologi baru guna meningkatkan produktivitas.

SDM di era sekarang ini dibutuhkan memiliki kompetensi digital yang dapat diterapkan dalam industri.

Tapi sayangnya, belum semua UMKM memiliki SDM bidang digital yang mumpuni.