Waspada Kekerasan Berbasis Gender Online, Kenali Aktivitasnya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 4 September 2022 | 22:25 WIB
Pelecehan Seksual ()

CewekBanget.ID - Akses pengetahuan di internet semakin terbuka dan membantu kita lebih menyadari adanya kekerasan berbasis gender.

Tapi di sisi lain, hal ini juga membuat risiko terhadap diri kita bertambah dengan adanya kekerasan berbasis gender online (KBGO).

Sama-sama jenis kekerasan yang menyasar gender tertentu seperti perempuan, KBGO kadang lebih sulit ditelusuri sumbernya lantaran sifat pengguna internet yang anonim.

Yuk, sama-sama menjaga diri dan kenali bentuk KBGO yang sering ditemui berikut ini.

Pelanggaran Privasi

Sebuah kegiatan dianggap melanggar privasi ketika pelaku mengakses, menggunakan, serta memanipulasi dan menyebarkan data pribadi, foto dan video, serta informasi dan konten pribadi tanpa sepengetahuan dan tanpa persetujuan korban.

Aktivitas lainnya yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran privasi adalah doxing.

Doxing adalah kegiatan menggali dan menyebarkan informasi pribadi seseorang, kadang-kadang dengan maksud untuk memberikan akses bertujuan jahat lainnya, seperti pelecehan atau intimidasi di dunia maya.

Pengawasan dan Pemantauan

Kategori yang satu ini mencakup aksi pelaku memantau, melacak, dan mengawasi kegiatan seseorang, baik secara online maupun offline.

Pelaku juga bisa saja menggunakan spyware atau teknologi lainnya tanpa persetujuan.

Selain itu, pelaku bisa saja menggunakan GPS atau geo-locator lainnya untuk melacak pergerakan target, hingga menguntit atau stalking.