Tips Jaga Keamanan Ponsel Agar Aman dari Hacker, Bikin ID Alternatif!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 5 September 2022 | 23:49 WIB
Hacker (tekno.kompas)

CewekBanget.ID - Berkembangnya teknologi saat ini bikin kerentanan kita terhadap peretasan atau hacking pun semakin tinggi.

Enggak jarang, kasus hacking ponsel terjadi dan merugikan kita karena seluruh data di ponsel bisa diakses oleh orang lain.

Risiko tertinggi adalah akses terhadap data pribadi kita, yang sangat mungkin disalahgunakan.

Demi menghindari risiko ponsel diretas, simak tips menjaga keamanan ponsel berikut ini.

Selalu Lakukan Software Update

Salah satu langkah paling awal untuk melindungi ponsel kita dari risiko hacking adalah dengan selalu men-update software atau aplikasi yang kita unduh pada ponsel sesegera mungkin.

Software update mungkin terasa merepotkan, belum lagi kalau versi terbaru dari aplikasi atau software tersebut enggak sesuai dengan selera kita.

Tapi dengan selalu memperbarui software, kita bisa mengurangi risiko hacker mengakses data lama kita, serta biasanya versi terbaru dari sebuah software memiliki sistem perlindungan yang lebih baik.

Selain itu, hindari melakukan jailbreaking atau menggunakan perangkat enggak resmi untuk melakukan root pada ponsel demi mengakses aplikasi atau fitur tertentu, karena hal itu secara enggak langsung akan mengekspos ponsel kita pada risiko serangan virus dan hacking.

Hati-Hati Mengunduh Aplikasi dan File

Kita juga harus lebih waspada dalam mengunduh aplikasi atau file dari internet.

Sejumlah file yang diunduh dari berbagai situs di internet bisa jadi membawa virus yang dapat merusak ponsel kita.