Punya Banyak Manfaat, Begini Tahapan Mencuci Muka yang Benar

By Fathia Yasmine, Rabu, 21 September 2022 | 14:58 WIB
Ilustrasi mencuci muka (DOK. Shutterstock)

CewekBanget.id – Mencuci muka merupakan rutinitas yang sederhana, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Meski terdengar sepele, mencuci muka dengan cara yang benar penting untuk dilakukan, lho girls. Dikutip dari Healthline, mencuci muka dengan cara yang benar akan membuat kulit bersih dan siap menerima nutrisi dan bahan aktif yang terkandung dalam skincare. Dengan demikian, skincare lebih efektif.

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui, mencuci muka ternyata tetap harus dilakukan meski seharian berada di rumah saja. Pasalnya, bakteri dari tangan bisa berpindah ke kulit wajah tanpa disadari ketika kamu sering menyentuh wajah.

Saat ini, cukup banyak rangkaian membersihkan muka yang bisa kamu contek. Namun, jika kamu merupakan orang yang malas repot atau sibuk, berikut empat cara membersihkan wajah dengan benar kurang dari sepuluh menit. Yuk, simak!

Baca Juga: Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Segera Atasi dengan 5 Cara Ini!

  1. Mencuci tangan dan hapus riasan

Sebelum mencuci wajah, ada baiknya kamu mencuci tangan dengan sabun lebih dulu agar debu dan bakteri tidak berpindah ke wajah. Selanjutnya, hapus riasan menggunakan micellar water atau menggunakan pembersih make-up.

Jika sedang tidak menggunakan riasan apa pun, mencuci tangan dengan sabun tetap perlu dilakukan sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Keringkan tangan dengan handuk bersih hingga tangan kering sempurna.  

  1. Basuh dengan air hangat

Setelah selesai mencuci tangan dan membersihkan make-up, langkah selanjutnya adalah membasuh wajah dengan air hangat. Air hangat yang dimaksud adalah air dengan suhu suam-suam kuku alias tidak terlalu panas, girls.

Air hangat dapat membuat pori-pori wajah terbuka sehingga kotoran dan debu dapat terangkat lebih optimal. Selain itu, kondisi pori-pori yang terbuka juga memungkinkan bahan aktif dari produk perawatan wajah mampu terserap dengan lebih baik.

Agar tidak memakan waktu, disarankan untuk rutin membuat air hangat setiap pagi atau sebelum tidur, lalu simpan di dalam termos. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membuat air panas setiap ingin mencuci muka.

Baca Juga: Bad Prosecutor Rilis Poster Karakternya, Ini Info Drama Korea D.O EXO

  1. Hindari menggunakan sabun batangan

Agar kulit bersih maksimal, sebaiknya hindari menggunakan sabun batangan yang tidak diperuntukkan bagi kulit wajah. Selain memiliki kandungan dan kadar pH yang tidak cocok untuk wajah, sabun jenis ini juga rentan memicu sensasi kulit tertarik atau kering, serta merusak skin barrier.