Sekarang Dicintai Masyarakat, Gini Sejarah K-Pop Masuk ke Indonesia! | Yeorobun Festival

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 3 November 2022 | 17:20 WIB
Momen TXT konser di Jakarta (Foto : Twitter/@TXT_bighit)

CewekBanget.ID - Zaman sekarang, siapa sih yang enggak tahu K-pop?

K-pop alias Korean pop kini bukan lagi sekadar genre musik, tetapi juga menyajikan budaya dan kebiasaan tersendiri untuk kalangan penggemarnya.

Demam K-pop sudah menyebar di dunia selama kira-kira 2 dekade terakhir, termasuk di Indonesia.

Malah, Indonesia kerap menjadi negara dengan jumlah penggemar K-pop terbanyak di dunia, lho!

Enggak bisa dipungkiri, begitu besar pengaruh K-pop di Indonesia, sampai pada akhirnya Indonesia juga memiliki boy group dan girl group sendiri dengan sentuhan khas K-pop.

Jadi, sejak kapan sih, K-pop booming di Indonesia?

Dimulai dari Program Televisi

Sebetulnya, K-pop mulai populer sejak awal tahun 2000-an di Korea Selatan, lalu merambat ke seluruh penjuru dunia setelah itu.

Di Indonesia sendiri, ada kemungkinan K-pop mulai digemari sejak hadirnya program televisi yang menayangkan musik mingguan Korea Selatan di Indonesia pada tahun 2011.

Tapi sebelum itu, kita yang terbiasa mendengarkan radio mungkin pernah mendapati juga lagu-lagu Korea yang kadang diputar di segmen yang sama dengan lagu Jepang atau lagu dari daerah-daerah lain di Asia.

Nah, karena lagu dan idola K-pop disiarkan di televisi Indonesia, banyak masyarakat pun tertarik untuk mendengarkan dan mengikuti tren ini.

Wajar nih, girls! K-pop menyajikan musik yang easy listening dan penampilan idola solo atau grup dengan dance yang enerjik dan visual yang menarik, pantesan banyak orang jadi menyukainya.