3 Tips Menjaga Makeup agar Tahan Lama Saat Harus Beraktivitas Seharian

By Nana Triana, Senin, 14 November 2022 | 19:39 WIB
Ilustrasi seorang perempuan sedang menggunakan makeup. (Dok. Freepik)

Cewekbanget.ID – Sebelum memulai aktivitas di luar rumah, mengenakan makeup jadi rutinitas yang sulit ditinggalkan bagi sebagian besar perempuan. Apalagi jika hendak menghadiri acara-acara tertentu, seperti pesta ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan lain yang mengharuskan seseorang tampil cantik.  

Namun, untuk menghasilkan riasan wajah yang flawless dan tahan lama, butuh teknik yang tepat. Apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Cuaca yang panas, membuat keringat bercucuran, sehingga melunturkan makeup.

Ujung-ujungnya, kamu harus sering-sering touch up agar wajah tetap terlihat segar dan cantik. Memoleskan bedak, lipstik, atau eyeliner mungkin terlihat sebagai kegiatan yang sederhana. Namun, touch up terkadang tak sempat dilakukan kalau kamu sedang sibuk. 

Jika demikian, kamu enggak perlu khawatir. Pasalnya, ada berbagai cara agar riasanmu jadi tahan lama dan tetap flawless seharian. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil makeup flawless dan tahan lama.

Baca Juga: Powerful Banget! Y.O.U Radiance Up! Diperkuat Symwhite 377 dan Niacinamide untuk Cerahkan Kulit

1. Bersihkan wajah

Sebelum menggunakan makeup, kebersihan wajah perlu diperhatikan untuk menghindari permasalahan kulit wajah, seperti jerawat. Setelah itu, jangan lupa menggunakan pelembap. Kamu bisa juga menambahkan primer.

Selain membuat makeup lebih menempel, penggunaan pelembap atau primer dapat membuat lapisan perantara sehingga foundation tidak langsung terkena kulit dan warna foundation tidak mudah teroksidasi.

2. Gunakan foundation sebagai dasar

Sebagai base, kamu bisa menggunakan Y.O.U Noutriwear Cushion Foundation. Terdapat pilihan empat shades, yaitu Warm Ivory, Pink Nude, Yellow Beige, dan Medium Beige.

Pilihlah shade yang sesuai dengan warna kulitmu. Caranya, kamu bisa cek undertone warna kulit dengan melihat warna nadi yang berada di bagian dalam pergelangan tangan sebelah kiri.

Jika berwarna biru, berarti kamu memiliki cool undertone, sehingga menggunakan shade Pink Nude. Kemudian, jika nadi berwarna hijau, berarti kamu memiliki warm undertone, sehingga cocok dengan shades Warm Ivory (untuk kulit lebih cerah) atau Yellow Beige dan Sand Beige.