Berkedok Usaha, Gini Kronologi Ratusan Mahasiswa IPB Terjebak Pinjol!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 16 November 2022 | 22:45 WIB
Jangan sampai terjebak pinjaman online ilegal (foto: kompas.com)

CewekBanget.ID - Kabar menggemparkan datang dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pasalnya, ratusan mahasiswa kampus tersebut menjadi korban penipuan yang berujung pada jebakan pinjaman online (pinjol).

Pada Selasa (15/11/2022), rektor IPB Arif Satria mengungkapkan hal itu sebagai kasus penipuan luar biasa, seperti dilansir dari TribunnewsBogor.com.

Modusnya, pelaku menawarkan iming-iming akan memberikan dana bagi para mahasiswa yang butuh sponsor untuk kegiatan kemahasiswaan.

Lalu ternyata mahasiswa tersebut diberikan syarat dan ketentuan yang membawa mereka pada penggunaan aplikasi pinjaman online.

Berikut ini kronologi kasus penipuan bermodus pinjaman online alias pinjol yang menimpa ratusan mahasiswa IPB.

Tawaran Bergabung Usaha

Melansir dari Tribunnews, seorang mahasiswa IPB yang menjadi korban pinjol tersebut mengungkapkan bahwa dirinya dan sejumlah mahasiswa lain ditawari kakak tingkat mereka untuk bergabung dalam sebuah usaha.

Mahasiswa berinisial SN ini memang menjadi panitia divisi sponsor dalam sebuah proyek kampus pada Agustus 2022 lalu, bersama dengan sejumlah mahasiswa lainnya.

Senior mereka tersebut menawarkan usaha dengan keuntungan yang lumayan dan dirasa cukup untuk mendanai proyek mereka itu.

Dari sanalah kemudian SN dan korban lainnya berkenalan dengan SAN, terduga pelaku.

Baca Juga: Awas Pinjol Ilegal, Hindari Pinjaman Online dengan Ciri-Ciri Ini!