Banjir Promo Akhir Tahun, Gini Tips Agar Tetap Hemat. Jangan Kalap!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 5 Desember 2022 | 10:05 WIB
Ilustrasi belanja ()

CewekBanget.ID - Sudah di penghujung tahun 2022, makin banyak penawaran menarik seperti promo dan diskon di depan mata kita nih!

Biasanya di akhir tahun, banyak e-commerce dan pusat belanja offline maupun online yang menawarkan diskon dan promo dengan harga menggiurkan.

Enggak heran, kita kadang jadi membeli barang secara impulsif tanpa benar-benar memikirkan apakah kita membutuhkan barang tersebut atau enggak.

Yang penting ada perasaan senang ketika kita berhasil checkout barang yang sedang diskon, padahal setelah dihitung-hitung, pengeluaran total kita tetap saja bikin kita berakhir boros.

Belum lagi di situs e-commerce terkadang ada fitur 'beli sekarang, bayar nanti' atau dikenal dengan istilah 'pay later'.

Terus gimana nih, menahan diri agar enggak kalap saat diterjang banjir promo dan diskon akhir tahun? Cek tips berikut ini agar pengeluaran kita enggak membengkak!

Sembunyikan Aplikasi dan Hapus Metode Pembayaran Otomatis

Yang bikin kita gampang mengeluarkan uang demi belanja biasanya adalah aplikasi yang mudah diakses.

Selain itu, kalau kita sudah memasang metode pembayaran otomatis, kita jadi punya lebih sedikit waktu untuk mempertimbangkan keputusan belanja kita karena pembayaran terlanjur berhasil.

Jadi kalau pengin menghindari godaan promo, cobalah untuk menempatkan sebanyak mungkin penghalang untuk membeli, misalnya dengan menyembunyikan atau menghapus aplikasi dari ponsel.

Kemudian buatlah pembayaran menjadi lebih sulit agar bisa berpikir sejenak untuk mengendalikan pengeluaran.

Baca Juga: Selamat, 5 Hal Ini Tandanya Kita Sudah Pandai Mengatur Keuangan!