Produk Kecantikan Lokal Semakin Diminati, Inilah Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022  

By Nana Triana, Senin, 5 Desember 2022 | 18:24 WIB
Untuk mengapresiasi produk kecantikan dan perawatan diri lokal, Tokopedia pun menggelar ajang penghargaan tahunan, yakni Tokopedia Beauty Awards 2022. (Tokopedia/Samuel Rustandy)

Cewekbanget.ID – Ketertarikan masyarakat akan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh, khususnya skincare, semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Menurut data laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, industri kosmetik mengalami peningkatan sebesar 9,61 persen. Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga mencatat, jumlah perusahaan yang bergerak di industri kosmetik juga meningkat hingga 20,6 persen.

Kemudian, pelaku industri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli 2022. Peningkatan tersebut didominasi oleh usaha kecil menengah (UKM), yakni sebesar 83 persen.

Tingginya minat masyarakat akan produk kecantikan mendorong Tokopedia sebagai e-commerce terbesar di Indonesia kembali menggelar ajang Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022. Sebagai informasi, ajang ini digelar untuk mengapresiasi produk kecantikan dan perawatan diri lokal.

Baca Juga: Siap Nonton Konser Tahun Ini? Yuk, Tampil On-Point dengan Trik Make-up Ini

Melalui ajang penghargaan tahunan tersebut, Tokopedia mengumumkan 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat yang sering dibelanjakan.

Hasil ini ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1-20 November 2022 lalu.

"Berdasarkan hasil votes, produk kecantikan dan perawatan diri lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat," ungkap AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia, Marina Anggraini dalam keterangan tertulis yang diterima Cewekbanget.ID, Jumat (2/12/2022).

Ada pun para pemenang dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas merek di media sosial mainstream hingga perkembangan produk di Tokopedia seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan.

Lebih lanjut, berikut adalah daftar pemenang TBA 2022 berdasarkan kategorinya masing-masing.

Baca Juga: Berkat Marketplace, 2 Brand Kecantikan Lokal Ini Berhasil Bersaing dengan Brand Ternama

Para pemenang akan mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha. Beberapa di antaranya adalah modal pemasaran berupa saldo beriklan TopAds, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.