Rencana Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri? Jangan Skip 4 Hal Ini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 12 Desember 2022 | 22:05 WIB
Ilustrasi liburan di luar negeri (goabroad.com)

CewekBanget.ID - Sudah akhir tahun 2022 nih, girls!

Ada yang berencana menghabiskan libur Natal dan tahun baru 2023 di luar negeri, sekaligus menutup tahun 2022 dengan kenangan yang seru dan enggak biasa?

Protokol pandemi yang semakin longgar membuat akses perjalanan internasional perlahan kembali terbuka, sehingga kita yang hobi traveling bisa kembali memuaskan diri dengan jalan-jalan ke mana saja, termasuk ke luar negeri.

Sebagian besar negara tujuan wisata juga sudah kembali membuka perbatasan mereka dan menawarkan berbagai event untuk menarik wisatawan dan turis agar mampir ke negara mereka.

Ke mana pun tujuan liburan kita di luar negeri, yang pasti jangan sampai lupakan 4 hal berikut ini.

Tampak sepele, tapi kalau sampai skip, fatal akibatnya, lho!

Paspor dan Visa

Pertama dan terpenting, pastikan dulu kita sudah memiliki paspor dan visa apabila diperlukan.

Kita bisa menyiapkan paspor dan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau, misalnya di tas pinggang atau bagian depan tas ransel.

Selalu perhatikan juga masa berlaku paspor dan visa, khususnya multiple visa yang bisa digunakan untuk memasuki sebuah negara berkali-kali dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya paspor yang usianya tinggal enam bulan sebelum tanggal kedaluwarsa enggak bisa digunakan untuk bepergian keluar negeri, sehingga kita harus mengurus perpanjangannya terlebih dulu.

Baca Juga: 4 Seleb Indonesia yang Lagi Kuliah di Luar Negeri. Ada Beby Tsabina!