4 Persamaan Antara Indonesia dan Korea Selatan | Yeorobun Festival

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 26 Desember 2022 | 14:05 WIB
Bendera Indonesia dan Korea Selatan ()

CewekBanget.ID - Seiring dengan masuknya Hallyu wave ke Indonesia, kita jadi familier dengan budaya Korea sebagaimana kita akrab dengan budaya Indonesia.

Bukan hanya itu, banyak karya media seperti drama dan film Korea hingga K-Pop yang menunjukkan bahwa Indonesia dan Korea Selatan seringkali memiliki kesamaan dalam berbagai hal.

Selain mengenal budaya Korea Selatan, kita yang rajin nonton drama juga ada yang sudah menyadari adanya beberapa persamaan antara budaya Korea dengan Indonesia.

Mulai dari tanggal kemerdekaan Korea Selatan hingga makanan khas kedua negara, kita jadi mengenal kesamaan antara Indonesia dan Korea Selatan.

Jadi, ternyata hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan enggak semata-mata berkaitan dengan hiburan hingga hubungan diplomatik, ya.

Ini dia beberapa budaya Korea yang mirip dengan Indonesia! Sudah tahu?

Etika Terhadap Orang Tua

Sebagai negara yang sama-sama berada di benua Asia, Indonesia dan Korea Selatan punya nilai-nilai budaya ketimuran yang mirip.

Salah satunya adalah budaya menghormati dan menjaga etika terhadap orang yang lebih tua atau senior.

Ketika berbicara kepada orang yang lebih tua atau statusnya lebih tinggi dibanding kita misalnya, kesopanan diukur dari julukan yang kita sertakan saat menyebut nama orang tersebut.

Seperti 'Kak', 'Mas', 'Mbak', dan sebagainya dalam Bahasa Indonesia, dan 'Hyung', 'Unnie', 'Oppa', 'Noona', dan sebagainya dalam Bahasa Korea.

Baca Juga: Ini Alasan Skincare Korea Selatan Bisa Mendunia | Yeorobun Festival