Ada Taktiknya, Harus Tahu 5 Tips Nego Gaji Buat First Jobber!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 22 Januari 2023 | 21:40 WIB
ilustrasi negeosiasi gaji untuk fresh graduate ()

CewekBanget.ID - Buat kita para first jobber, mungkin ada beberapa hal yang sering jadi pertanyaan kita saat baru pertama kali melamar dan diterima untuk sebuah pekerjaan.

Bukan cuma tentang sesi wawancara, bagian lainnya dari proses perekrutan karyawan yang kerap bikin pusing adalah perihal negosiasi gaji dengan perusahaan atau perekrut.

Enggak jarang, karena baru pertama kali melamar kerja, beberapa orang memberikan tawaran gaji yang terlalu rendah untuk diri mereka sendiri.

Padahal jangan sampai lupa, kita mesti dibayar layak dan setara dengan pekerjaan yang kita lakukan, lho!

Jangan sampai menyesal belakangan, inilah alasan kita harus mengetahui tips negosiasi gaji untuk pekerjaan pertama kita seperti berikut ini.

Tetap tenang dan pertimbangkan keuntungannya untuk diri kita sendiri dulu, ya.

Cari Tahu Kisaran Upah

Ini mungkin pekerjaan pertama kita, jadi kita bakal kebingungan menentukan nilai gaji yang tepat untuk dinegosiasikan dengan perusahaan.

Biasanya hal itu karena kita belum tahu rate upah untuk pekerjaan yang akan kita lakukan.

Makanya, enggak ada salahnya kita mencari tahu kisaran gaji yang layak untuk pekerjaan kita, dengan cara membuat perbandingan rate upah atau gaji dari hasil pencarian kita dan memperkirakan nilai yang layak untuk ditawarkan ke perusahaan.

Jadi ketika perusahaan menawarkan nominal tertentu, kita bisa bernegosiasi dengan memastikan penawaran mereka sesuai, lebih tinggi, atau lebih rendah dari kisaran gaji yang kita inginkan.

Baca Juga: Baru Umur 23 Tahun Sesukses Itu, Berapa Penghasilan Kylian Mbappe?