Hidup Berdampingan dengan Teknologi Digital, Begini Ciri dan Kebiasaan Gen Z

By Fathia Yasmine, Jumat, 27 Januari 2023 | 13:12 WIB
Ilustrasi Gen Z (DOK. Shutterstock)

CewekBanget.ID – Istilah generasi baby boomer, generasi X, generasi milenial, generasi Z, hingga generasi Alpha pasti sudah enggak asing di telinga banyak orang.

Istilah tersebut merupakan pembagian orang berdasarkan tahun kelahiran mereka. Saat ini, generasi orang dewasa termuda masih dipegang oleh generasi Z atau Gen Z dengan rentang usia 9 hingga 26 tahun.

Sebagai kelompok usia termuda, Gen Z ini memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Salah satunya, menguasai teknologi.

Hal ini disebabkan karena generasi Z telah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikan berbagai perangkat teknologi dengan maksimal.

Bukan cuma itu, dalam kehidupan sehari-hari, Gen Z punya berbagai kebiasaan khusus yang lekat dengan teknologi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Susah lepas dari smartphone

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah susah melepaskan diri dari smartphone. Karena terbiasa memakai smartphone di segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawa ke berbagai tempat, termasuk  kamar mandi.

  1. Hobi gonta-ganti gadget

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Enggak heran, banyak Gen Z cukup gemar berganti smartphone, laptop, atau aksesori gadget dalam waktu singkat.

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits

Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platform e-commerce maupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Sementara ketika ingin mengunjungi tempat hits, Gen Z juga terbiasa mencari berbagai rekomendasi kafe, restoran, dan tempat nongkrong dari berbagai platform di media sosial.

  1. Punya banyak akun media sosial

Sejalan dengan tiga kebiasaan di atas, Gen Z juga hobi membuat banyak akun media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga media sosial terbaru seperti Mastodon dan Clubhouse.

Selain dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru, platform media sosial tersebut juga kerap digunakan sebagai tempat berkomunikasi, berbagi konten foto, hingga membuat berbagai konten yang mampu menarik followers maupun viewers.