Info Penyakit Gagal Ginjal Akut Pada Anak Kecil. Kasus Baru di Indonesia

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 6 Februari 2023 | 17:10 WIB
Gagal ginjal akut ditanggung BPJS Kesehatan (dok.istock)

CewekBanget.ID - Info penyakit gagal ginjal akut pada anak sedang banyak dicari belakangan ini.

Pasalnya, banyak kasus terkait info penyakit gagal ginjal akut pada anak yang ditemukan di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir sejak tahun 2022.

Melansir dari Sehat Negeriku, info penyakit gagal ginjal akut pada anak sebenarnya sudah mulai muncul sejak awal 2022, tetapi peningkatan kasusnya tercatat pada Agustus dan puncaknya terlihat di bulan September 2022 dengan capaian 78 kasus.

Akibat temuan info penyakit gagal ginjal akut pada anak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak tahun 2022 menyelidiki dan memerintahkan penghentian sementara produksi dan distribusi obat-obatan yang diduga menjadi penyebab masalah kesehatan tersebut.

Angka kematian dalam catatan kasus akibat penyakit ini juga tergolong cukup tinggi, sehingga masalah ini menjadi perhatian serius dalam beberapa waktu terakhir.

Simak sejumlah informasi terkait penyakit gagal ginjal akut pada anak yang belakangan banyak ditemukan kasusnya di Indonesia.

Gagal Ginjal Akut

Penyakit gagal ginjal akut atau acute kidney injuries (AKI) sedang menjadi perhatian serius di Indonesia.

Gagal ginjal akut adalah kondisi ketika ginjal tiba-tiba enggak dapat menyaring produk limbah dari darah, sehingga limbah berbahaya menumpuk dan mengganggu keseimbangan kimiawi darah.

Gejala gagal ginjal akut dapat muncul dengan cepat, biasanya hanya dalam waktu beberapa hari.

Studi di jurnal Childhood Kidney Diseases pada tahun 2020 menyebut, gagal ginjal akut kerap terjadi pada anak-anak dengan kondisi sakit kritis.

Baca Juga: Info Penyakit Osteoporosis Rentan Dialami Perempuan! Apa Penyebabnya?