CewekBanget.ID – Berjualan online kini menjadi salah satu cara berbisnis yang relatif menguntungkan. Selain enggak perlu modal besar, saat ini masyarakat juga lebih suka berbelanja secara online, sehingga peluang kamu mendapatkan pelanggan cukup besar.
Menurut riset berjudul “Digital 2023 Indonesia” yang dilakukan oleh We Are Social, ada sekitar 178 juta masyarakat Indonesia yang berbelanja online pada 2022. Jumlah itu meningkat 20 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.
Sementara itu, riset oleh Google dan Temasek pada 2023 juga menunjukkan bahwa 82 persen konsumen berencana meningkatkan atau setidaknya mempertahankan penggunaan e-commerce untuk berbelanja online.
Meski punya peluang besar, pelaku bisnis juga tetap perlu merancang strategi penjualan dan bujet pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan agar mereka bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat.
Baca Juga: Ide Bisnis Buat Para Mahasiswa yang Simple Tapi Menguntungkan!
Sebagai inspirasi, kamu bisa meniru strategi pemasaran yang dilakukan oleh tiga brand lokal yang sukses mengembangkan bisnis online mereka. Tiga brand tersebut adalah ESQA, ZOYA, dan SAFF and Co. Ini strategi yang mereka terapkan.
ESQA Cosmetics
ESQA Cosmetics merupakan brand kecantikan pertama di Indonesia yang mengusung produk kosmetik berbahan ramah vegan.
Dalam mengembangkan bisnisnya secara online, ESQA menerapkan strategi omnichannel, yaitu menggunakan banyak saluran untuk memperluas jangkauan produk ke banyak kota di seluruh Indonesia.
Adapun strategi tersebut diterapkan dengan memanfaatkan platform e-commerce Tokopedia, tepatnya melalui unit bisnis Tokopedia di bidang periklanan digital, yaitu Tokopedia Marketing Solutions.
Baca Juga: Enggak Ikut Tren Korea, Jacquelle Kolab dengan Disney dan Spy x Family