Berhenti Sekarang! Ini 5 Bahaya Jadi People Pleaser Buat Diri Sendiri

By Marcella Oktania, Jumat, 23 Juni 2023 | 05:00 WIB
Ilustrasi people pleaser (Beverly Hills Therapy Group)

CewekBanget.ID - Melansir Medical News Today, people pleaser mendeskripsikan orang yang selalu pengin menyenangkan orang lain, sehingga lebih sering mengorbankan diri sendiri untuk kebutuhan dan keinginan orang lain.

Berbuat baik untuk orang lain memang penting untuk bisa punya hubungan yang baik, tetapi bukan berarti sampai ke tahap rela mengorbankan uang, tenaga, waktu, dan segalanya untuk orang lain ya!

Beberapa ciri-ciri people pleaser yang harus kita waspadai adalah kesulitan menolak, selalu mengambil tanggung jawab lebih di luar waktu dan tenaga yang kita miliki, sulit mengatakan hal yang kita rasakan, dan menyetujui sesuatu yang enggak disukai demi menghindari konflik.

Nah kalau kita sudah jadi people pleaser, kita harus sadar kalau ada bahayanya, nih!

1. Stres dan kelelahan

Karena kita pengin terus menyenangkan orang lain dan memenuhi harapan mereka, akhirnya kita jadi capek dan stres sendiri, lho.

Apalagi kalau kita sampai mengorbankan waktu untuk istirahat, enggak ada waktu untuk diri sendiri, hingga merasa terus-menerus tertekan untuk memenuhi keinginan semua orang, alhasil kita bakal jadi stres dan kelelahan akut!

2. Kehilangan identitas diri

Saking seringnya cuma memikirkan dan memprioritaskan orang lain dibandingkan diri sendiri, alhasil kita jadi enggak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan dan kita rasakan.

Alhasil lama-lama kita malah kehilangan identitas diri kita.

Kita jadi enggak mengenal diri sendiri karena terlalu sering mendahulukan orang lain.

Baca Juga: Ayo #6eYourSelf dengan Berhenti Jadi People Pleaser dengan 3 Cara Ini

3. Sulit beropini