Jangan Lakukan Hal Ini Pas KKN Karena Bisa Diusir Warga Desa

By Indah Permata Sari, Senin, 26 Juni 2023 | 09:30 WIB
pemarin KKN di Desa Penari (instagram.com/tissabiani)

CewekBanget.ID - KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebenarnya bisa jadi salah satu momen paling berkesan selama kita kuliah.

KKN itu adalah salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa dan biasanya SKS (satuan kredit semester) cukup besar untuk kegiatan ini.

Tapi perlu dicatat, enggak semua kampus mewajibkan mahasiswanya untuk ikut KKN yaa.

Ada kampus yang lebih menguatamakan PKL (praktik kerja lapangan) atau magang dan enggak ada KKN dalam studi mahasiswanya.

KKN sendiri juga ada berbagai macam jenis, mulai dari yang KKN Reguler, KKN Tematik, KKN PPM, KKN Kebangsaan, KKN Mandiri, dan masih ada beberapa lagi yang bisa mahasiswa pilih.

Nah intinya, KKN itu bisa memberikan pengalaman baru buat mahasiswa dengan terjun langsung ke masyarakat. Pada umumnya, kegiatan KKN dilakukan oleh mahasiswa dengan mendatangi suatu desa.

Dan para mahasiswa ini akan membuat program dan melakukan kegiatan lain dengan tujuan untuk memajukan desa dan memberikan edukasi kepada warga desa tersebut.

Dan mahasiswa program KKN ini juga dalam akan tergabung dalam satu kelompok dan akan tinggal di desa tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Kurun waktunya ini juga beragam yaa, girls. Ada yang satu minggu, satu bulan, 3 bulan, atau 6 bulan bahkan lebih.

Nah, karena akan tinggal dan hidup bersama warga desa, tentunya kita tetap harus memposisikan diri kita sebagai pendatang serta tamu.

Enggak boleh dong bersikap sembarangan!

Baca Juga: Info Sekolah Jurusan Kuliah Terkenal Sulit & Butuh Waktu Lama Buat Lulus Tapi Menjanjikan