Siklus Menstruasi yang Enggak Lancar Jadi Tanda Penyakit Apa Saja?

By Indah Permata Sari, Senin, 31 Juli 2023 | 15:20 WIB
Ilustrasi menstruasi. (femina.in)

CewekBanget.ID - Girls, kamu bisa menganalisis apakah siklus menstruasi kamu lancar atau enggak?

Menstruasi yang lancar itu adalah yang terjadi lebih cepat atau lebih lambar dengan perbedaan antara 22 sampai 35 hari, melansir dari laman halodoc.com.

Di mana rentang berlangsungnya menstruasi itu 3 sampai 7 hari girls baru bisa dikatakan sebagai menstruasi yang lancar atau normal.

Lalu bagaimana dengan menstruasi yang enggak lancar? Yaitu menstruasi yang datang terlambat atau terlalu cepat, berlangsung terlalu lama atau terlalu singkat, sampai pendarahan yang banyak atau sedikit dari biasanya kita menstruasi atau di luar dari rata-rata yang disebutkan di atas tadi.

Jika mengalami menstruasi yang enggak lancar, maka sebenarnya itu bisa jadi gejala dari beberapa penyakit di bawah ini.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Melansir laman aladokter.com, Ini adalah sindrom dengan kelainan hormona di mana periode menstruasi sangat jarang atau justru berkepanjangan.

Jadi penderitanya bisa sama sekali enggak mengeluarkan darah (menstruasi) atau kalaupun keluar darah itu sangat sedikit.

Masalah pada tiroid

Seperti yang kita ketahui, kelenjar tiroid yang letaknya di bagian leher ini berfungsi untuk memproduksi hormon yang bisa mengatur metabolisme tubuh kita.

Masih melansir laman yang sama, kalau kelenjar tiroid ini bermasalah maka bisa mempengaruhi siklus menstruasi kita juga.

Baca Juga: Khusus Cewek, Gini 3 Cara Menghilangkan Noda Darah di Celana Dalam