Keren! Cerita Animator Indonesia, Griselda Sastrawinata Mendesain Kostum di Film Disney WISH

By Elizabeth Nada, Rabu, 4 Oktober 2023 | 14:40 WIB
Animator Indonesia, Griselda Sastrawinata (dok. Disney Indonesia)

CewekBanget.ID - Girls, sebentar lagi bakal ada film baru dari Disney, lho!

Yup! dalam rangka perjalanan Walt Disney Company yang ke 100 tahun, Disney akan meluncurkan film berjudul WISH.

Film Disney WISH ini rencananya akan dirilis pada November 2023 mendatang.

Ngomongin soal film Disney WISH, kali ini kita bakal kepoin juga cerita dari animator Indonesia yang ternyata turut terlibat dalam film terbaru Disney tersebut.

Dia adalah Griselda Sastrawinata-Lemay, animator Indonesia yang berperan dalam merancang kostum para karakter dalam film Disney WISH.

Berkontribusi merancang kostum untuk para karakter

Dalam rilis yang redaksi terima, animator berbakat asal Indonesia, Griselda Sastrawinata pun berbagi cerita tentang keterlibatannya dalam film animasi Disney, WISH.

Griselda Sastrawinata berperan sebagai Associate Production Designer dan berkontribusi dalam merancang kostum untuk karakter-karakter dalam film WISH, yaitu Asha, King Magnifico, Queen Amaya, Valentino, dan Star.

Meskipun bukan kali pertama Griselda Sastrawinata terlibat dalam desain kostum untuk film animasi Disney, mengambil proyek ini adalah pengalaman yang unik baginya.

Sebab menurutnya, film Disney WISH memiliki cerita latar yang juga istimewa.

Griselda Sastrawinata, animator Indonesia yang berperan dalam merancang kostum karakter di film Disney WISH

Baca Juga: Ariana Grande Gandeng Ethan Slater di Disney World Orlando, Go Public?

"Film ini adalah karya yang terinspirasi dari 100 tahun perjalanan Disney. Disney's "Wish" adalah awal dari dongeng-dongeng yang kita cintai selama ini," jelas Griselda seperti dilansir dari press release yang diberikan.

Griselda pun berbagi pengalamannya sebagai Associate Production Designer, dimana ia berkolaborasi dengan tim departemen seni untuk menciptakan kostum-kostum karakter di Dinsey WISH.

"Menjadi bagian dari Disney's "Wish" adalah impian yang menjadi kenyataan. Saya jatuh cinta dengan Disney melalui film animasi seperti "Sleeping Beauty" dan "Cinderella". Jadi, untuk memberikan penghormatan kepada cerita klasik ini melalui film animasi yang bertujuan untuk merayakan 100 tahun cerita Disney yang luar biasa," ungkap Griselda.

Dalam mencari inspirasi untuk karyanya, Griselda Sastrawinata bereksplorasi dengan berbagai sumber material.

Misalnya saja seperti sejarah Eropa dan Afrika Utara, untuk menciptakan kostum unik karakter utama di film Disney WISH, Asha.

Enggak hanya itu, ia juga menjelajahi beberapa animasi klasik Disney untuk menghadirkan detail dari beberapa film ikonik, yang pastinya akan disadari oleh para penggemar ketika mereka melihat film ini.

Fyi, dalam kunjungannya ke Jakarta kali ini, Griselda Sastrawinata-Lemay juga berbagi cerita di beragam acara seperti IdeaFest 2023.

Dalam festival kreatif terbesar ini, Griselda Sastrawinata-Lemay mengangkat tema The Art of Costume Design di mana ia bercerita tentang proses kreatif di balik kostum para karakter di film Disney WISH.

Griselda Sastrawinata di acara IdeaFest 2023

Selain itu, Griselda Sastrawinata-Lemay juga berbagi cerita inspiratif dengan lebih dari storyteller, animator, dan kreator muda yang bermimpi besar untuk mengejar masa depan di industri kreatif lewat acara Masterclass.

Diselenggarakan di kampus Universitas BINUS di Jakarta, Masterclass ini diikuti lebih dari 600 mahasiswa yang hadir secara langsung.

Baca Juga: Intip 4 Foto Seleb Indonesia Terinspirasi Cerita dan Karakter Film The Creator

Griselda Sastrawinata berbagi cerita di acara Materclass with Binus 2023

Sekilas tentang perjalanan Griselda sebagai animator

Selanjutnya, Griselda juga berbagi perjalanannya sebagai animator, girls.

Ternyata dari kecil, Griselda sudah sangat suka menonton film animasi Disney.

"Pada saat saya kecil dan menonton animasi Disney, saya selalu ingin menjadi orang yang menggambar karakter-karakter tersebut," ungkap Griselda saat mengenang masa kecilnya, bermimpi untuk bekerja untuk Disney Animation.

Griselda juga memberikan saran kepada semua animator Indonesia yang sedang meniti karir.

"Saran saya adalah melakukan pekerjaan yang baik dan menjadi pribadi yang baik. Saya pikir sangat penting untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang ada, dan selalu baik kepada semua orang. Itu adalah prinsip saya sejak awal karier saya dan saya senang saya tetap berpegang pada prinsip itu." ujarnya.

Tambahan informasi buat kita, berasal dari Jakarta, Griselda Sastrawinata-Lemay bergabung dengan Walt Disney Animation Studios pada tahun 2015.

Ia pertama kali berkontribusi sebagai seorang Visual Development Artist untuk film peraih nominasi Academy Award, Moana.

Film Disney WISH

Film Dinsey WISH membawa kita ke kerajaan Rosas, di mana Asha, seorang idealis cerdas, membuat sebuah keinginan yang begitu kuat sehingga dijawab oleh kekuatan kosmis - sebuah bola kecil dari energi tak terbatas yang disebut Star.

Baca Juga: Ariana Grande Gandeng Ethan Slater di Disney World Orlando, Go Public?

Bersama-sama, Asha dan Star menghadapi musuh yang paling tangguh - penguasa Rosas, King Magnifico - untuk menyelamatkan komunitasnya.

Juga untuk membuktikan bahwa ketika tekad seorang manusia yang berani terhubung dengan keajaiban bintang-bintang, hal-hal yang luar biasa bisa terjadi.

Dengan pengisi suara yaitu Ariana DeBose sebagai Asha, Chris Pine sebagai Magnifico, dan Alan Tudyk sebagai kambing favorit Asha, Valentino.

Film ini disutradarai oleh Chris Buck dan Fawn Veerasunthorn, diproduksi oleh Peter Del Vecho dan Juan Pablo Reyes Lancaster Jones.

Sementara itu produser eksekutif film ini adalah Jennifer Lee, dan penulis film ini adalah Lee dan Allison Moore.

Duh.. jadi makin enggak sabar ya buat nonton film Disney WISH dan lihat kostum-kostum menawan karya animator Indonesia!