Sejauh Mata Memandang Ngadain Pameran Interaktif Biar Lebih Peduli sama Kondisi Terkini Bumi

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Selasa, 18 Juni 2024 | 08:05 WIB
Pameran Sejauh Mata Memandang, "Bumi, Masa Depan Kita" (Christina Hartati Phan )

CewekBanget.ID - Dalam rangka merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, Sejauh Mata Memandang mengadakan sebuah pameran interaktif yang berlokasi di Rama Atrium, East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Dalam pamerannya kali ini, Sejauh Mata Memandang berkolaborasi sama pengarah kreatif Felix Tjahyadi.

FYI, pameran ini bakal berlangsung mulai tanggal 13 Juni hingga 21 Juli 2024 mendatang.

Kira-kira, kita bisa ngapain aja sih di acara ini? Apa yang bikin kita harus dateng ke pameran ini? Simak di bawah, ya!

Baca Juga: 5 Cara Cegah dan Kelola Sampah Sisa Makanan untuk Selamatkan Bumi

Pameran Interaktif Bertajuk "Bumi, Masa Depan Kita"

Pameran yang digagas oleh Sejauh Mata Memandang ini mengusung tema "Bumi, Masa Depan Kita".

Pameran "Bumi, Masa Depan Kita" menampilkan instalasi bumi yang dirancang sebagai pengingat akan kondisi bumi saat ini lagi enggak baik-baik aja. 

"Melalui pameran ini, kami ingin menekankan pentingnya perhatian serta tindakan nyata demi kebaikan bumi. SMM (Sejauh Mata Memandang) juga turut mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan upaya menerapkan praktik sirkular," terang Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.

Pameran yang turut didukung oleh Dekranasda DKI Jakarta ini juga dihadirkan bertepatan dengan perayaan HUT Kota Jakarta yang ke-497 pada tanggal 22 Juni 2024 mendatang. Jadi enggak heran kalau di pameran ini nuansa budaya Betawi akan tampak kental tersaji di sebagian unsur dekoratif yang ada.

"Pada kesempatan kali ini pameran SMM turut menghiasi atrium dengan ornamen hiasan kembang kelape, kerajinan tradisional Betawi yang biasanya digunakan dalam acara pesta, seperti yang terlihat mengelilingi instalasi bumi ini.” jelas Chitra mengenai elemen budaya Betawi yang terdapat pada pameran. 

Pameran "Bumi, Masa Depan Kita" merupakan bagian dari WONDERLAB, sebuah acara multisensori yang diusung oleh Genexyz, perusahaan kreator Metahuman™, dan Grand Indonesia.

Acara ini menghadirkan eksplorasi perjalanan ruang dan waktu yang didukung oleh teknologi mapping, robotik, kecerdasan buatan, dan Metahuman™.

"Di area pameran "Bumi, Masa Depan Kita”, kami menampilkan sebuah story telling dari Metahuman™ Genexyz bernama LavCaca yang menyampaikan pesan untuk mengajak para pengunjung Grand Indonesia berperan aktif demi masa depan di bumi yang lebih baik," ujar Belinda Luis, Co-Founder dari Genexyz.

Pameran ini disambut antusias oleh Grand Indonesia sebagai tuan rumah. "Harapannya, kami dapat menginspirasi pengunjung Grand Indonesia untuk lebih peduli dan bertindak nyata dalam merawat lingkungan." pungkas Kanina Hanindita, Senior Manager Marketing Communication, Grand Indonesia.

Ada Kegiatan Apa Aja di Pameran Ini?

Pameran "Bumi, Masa Depan Kita"

Ketika mengunjungi area pameran "Bumi, Masa Depan Kita", pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan interaktif, salah satunya adalah tersedianya kotak penyaluran pakaian bekas untuk didaur ulang oleh EcoTouch untuk menjadi penyekat ruangan, peredam suara, benang dan kain.

Selain itu, kit juga bisa berkonsultasi dan memperbaiki pakaian rusak pada repair station "Kembali Baik", hasil kolaborasi SMM dengan Mulih, lho!

Setelah mengelilingi area pameran, pengunjung dapat berkunjung ke Warung Pop-Up Sejauh Mata Memandang.

Warung unik ini dibuat dari 90% material guna ulang (reuse) dan daur ulang (recycle) dan menjual berbagai produk SMM.

Selain itu, warung ini juga menghadirkan program Jual Kembali (resell) untuk pelanggan yang pengin menjual koleksi SMM preloved atau bekas pakainya.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah, mendukung gaya hidup berkelanjutan, dan memastikan produk Sejauh tetap digunakan dan disukai.

Baca Juga: Adakan Pameran Skincare Selama Seminggu, Wardah Raih Rekor MURI

Setiap pembelian satu pakaian, para pengunjung turut andil dalam menanam satu pohon di Kawasan Ekosistem Leuser, Aceh Timur serta mendukung gerakan penjaga hutan wanita Women Rangers Aceh. 

Bisa Dapetin Koleksi Terbaru Sejauh Mata Memandang!

Pameran "Bumi, Masa Depan Kita"

Dalam kesempatan ini, SMM meluncurkan motif baru bernama "Pesan Bumi", mengadaptasi desain dari coretan dan tulisan pengunjung pameran Kisah Punah Kita di ARTJOG 2022 di Yogyakarta.

Pesan-pesan ini merupakan harapan manusia untuk masa depan bumi yang lebih baik, diwujudkan dalam berbagai desain produk seperti kemeja lengan pendek cewek, kemeja lengan pendek cowok, tas, pouch, dan lainnya.

Proses pembuatan motif "Pesan Bumi" melibatkan kerjasama dengan Keluarga Sejauh, mitra usaha percetakan tekstil di Tangerang yang menerapkan proses produksi yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan, seperti menggunakan katun yang bersertifikat The Global Organic Textile Standard (GOTS) dan pewarna buatan bersertifikat ECO PASSPORT by OEKO-TEX® yang teruji aman untuk manusia dan lingkungan.

Koleksi ini bisa kita dapatkan secara eksklusif di Warung Pop-Up Sejauh Mata Memandang yang ada di area pameran "Bumi, Masa Depan Kita" atau webstore www.sejauh.com mulai tanggal 13 Juni 2024. 

(*)

Baca Juga: Bukan Sampah, Ternyata Ini 5 Manfaat Ampas Tahu Buat Kesehatan Kita